Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Desa Wanakerta Cibatu Garut Dirikan Posko Siaga Covid-19

SEPUTAR GARUT1,375 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH meminta setiap desa mendirikan Posko Siaga untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di desa-desa Se-Kabupaten Garut.

“Saya minta kepala desa mendirikan posko siaga di desanya, sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap wabah Covid-19,” ujar Bupati Garut beberapa waktu lalu.

Ia menyatakan pemerintah desa bisa menggunakan Dana Desa untuk membiaya situasi darurat virus corona baru itu sehingga masyarakat merasa aman dan terhindar dari serangan virus Covid-19.

Menanggapi himbauan Bupati Garut tersebut, Pemerintah Desa Wanakerta, Kecamataan Cibatu, mendirikan Posko Siaga Covid-19, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah setempat.

Posko Siaga Covid-19 yang sudah didirikan tersebut diisi para petugas dari tenaga medis, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Perangkat Desa, para kepala dusun, Ketua RW/RT dan lembaga desa lainnya yang ada di Desa Wanakerta dengan sistem piket secara bergiliran.

Kepala Desa Wanakerta, Sunarkawan, melalui Ketua RW08 Babakan Cau, Mulyanto, yang kebetulan sedang melaksanakan piket mengatakan, Posko Covid-19 Desa Wanakerta untuk memeriksa kesehatan warga yang baru pulang dari luar desa maupun dari luar kota, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona.

“Posko Siaga Penanganan Covid-19 ini sudah didirikan oleh bapak Kades, kemarin. Di desa kami juga khususnya di RW08 sudah melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum, baik itu di rumah ibadah, sekolah serta rumah warga di Desa Wanakerta,” ucap Mulyanto, Sabtu (19/04).

Ketua RW08 Desa Wanakerta, Mulyanto.

Mulyanto mengimbau warga agar tidak panik terhadap situasi virus corona. Selain itu, juga mengajak seluruh warga untuk mencegah penyebaran Covid-19 mulai dari diri sendiri dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Pemerintah desa sebagaimana kepanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Garut telah melakukan langkah-langkah antisipasi berkaitan dengan virus corona ini,” tuturnya.

Untuk itulah, pihaknya bersama Ketua RW lainnya yang ada di Desa Wanakerta akan melakukan pemantauan dan pengawasan secara berkesinambungan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. (Gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *