Solusi untuk Warga Terdampak Covid-19, Kades Cilawu Luncurkan Program Padat Karya Tunai

FOKUS2,317 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Upaya antisipasi terpuruknya sosial ekonomi masyarakat dampak Corona Virus Disease (Covid-19), Kepala Desa (Kades) Cilawu, Kecamatan Cilawu, Wahyu Hermawan, gunakan Program Padat Karya Tunai sebagai solusi bagi warganya yang kesulitan ekonomi terdampak wabah. Yang mana, Padat Karya Tunai ini merupakan program pemerintah yang terdiri dari pemberdayaan masyarakat desa, khusus masyarakat miskin dan marjinal, kreatif yang mengutamakan sumber daya, tenaga kerja dan teknologi lokal untuk menambah pemasukan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dijelaskan Kades Cilawu, program yang dikerjakan di desa tersebut adalah pembangunan sanitasi saluran air sepanjang 5 Kilo meter yang di ambil dari hulu di pegunungan dengan menggunakan pipanisasi untuk sarana kebutuhan air untuk sekitar 1500 kepala keluarga. Anggaran pembangunan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahap satu, sebesar Rp115 juta.

“Pada hari pertama saja diikuti lebih dari 350 dan untuk hari ini Kamis, bertambah menjadi 400 orang warga dari 9 RW di desa Cilawu, dan rencananya pengerjaannya akan selesai dalam waktu 20 hari,” ucap Kades.

Kades Wahyu memaparkan, pekerja harian yang dibayar pada program ini, Rp50 ribu untuk tenaga kerja untuk 5 jam Harian Orang Kerja (HOK). Total biaya yang dianggarkan dari DD Desa Cilawu, sebesar Rp115 juta ini sudah termasuk pembelian bahan dan upah pekerja.

“Mudah-dapat membantu meringankan kebutuhan masyarakat khusus untuk membeli memenuhi kebutuhan sembako sehari-hari,” harapnya.

Pantauan media, pembukaan kegiatan pembangunan saluran air bersih dengan padat karya tunai ini juga dihadiri Babinsa, Bhabinkamtibmas dan dari Pendamping desa dan TPK Desa. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *