Pengurus Pokdar Kamtibmas Sektor Pameungpeuk Garut, Gagas Pembentukan Satgas Kampung Siaga Corona

SEPUTAR GARUT1,381 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Usai dibentuknya Satgas Kampung Siaga Corona Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Satgas langsung keliling untuk mendata warga yang datang dan keluar kampung. Satgas Kampung Siaga yang juga Ketua Pokdarkantibmas Sektor Pameungpeuk, Nurjaman, bekerjasama dengan Polsek, Babinsa serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Pemerintahan Desa (Pemdes) melaksanakan giat pencegahan Corona di desa Mandalakasih Kecamatan Pamengpeuk.

“Pembentukan Satgas Kampung Siaga Corona ini, kami bentuk dari mulai tingkat RW, kita dorong sampai di tingkat RT supaya semakin meningkatkan kewaspadaan seiring dengan meningkatnya wabah corona yang ada di kabupaten Garut,” ujar Nurjaman, Rabu (15/04)

Dikatakan Nurjaman, pihaknya bersama Polsek, babinsa dan BPD juga LPM dalam menanggulangi dampak virus Corona di desanya tak berhenti melakukan upaya maksimal dan optimal.

“Karena sekarang timnya bukan hanya cuma di tingkat RW tapi ada di tingkat RT, ini akan lebih mudah monitor ke rumah-rumah warga dalam anjuran Social Distancing dan Physical Distancing, jaga jarak dan beraktivitas lebih intens dirumah,” ujarnya.

Tak jauh berbeda, Kampung Siaga Corona sampai tingkat RT ini akan mencakup aktivitas antara lain pendataan warga yang masuk dan keluar desa juga sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga, peningkatan sistem keamanan lingkungan, hingga wawar/sistem edukasi informasi kepada warga.

Sementara Kepala Desa Mandalakasih, Iwan Darmawan, menjelaskan kegiatan ini didasari atas kesadaran warga yang dikomandoi oleh pengurus Pokdarkamtibnas Sektor Pamengpeuk.

“Upaya kami dalam pencegahan penyebaran COVID-19, ini murni atas kepedulian warga. Sehingga warga sepakat dibentuknya tim Satgas sampai ke tingkat RT,” kata Kades Mandalakasih. (Bulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *