Banjir di Cigedug dan Cikajang, Wabup Garut : 30 Rumah Terendam Banjir

FOKUS2,268 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pasca banjir di Cikajang dan Cigedug, Wakil Bupati (Wabup) Garut dr Helmi Budiman langsung meninjau kedua lokasi, Rabu (08/04). Wabup mengatakan, air yang meluap di kedua wilayah tersebut, karena posisinya berada dibawah sebelah barat kaki gunung Cikuray, yang mana saat ini kondisi gunung tersebut serapan airnya kurang.

“Banjir Cigedug dan Cikajang ini, posisinya kan sebelah barat dibawah kaki gunung Cikuray, ini setiap tahun sering terjadi, dan setiap tahun pula dilakukan perbaikan pada infrastruktur,” ucap Helmi, Rabu (08/04).

Lanjut Wabup Helmi, karena serapan diatasnya kurang pada posisi gunung, air huja ini langsung kebawah, dan ini terulang terus tiap tahunnya. Tetapi Ini bukan imbas dari poros tengah.

“Saat ini kita lakukan pengerukan, normalisasi sungai-sungai kecil termasuk ada irigasi juga disitu, seperti tadi di Cigedug, juga kita lakukan normalisasi saluran sampai 3 kilometer, mudah-mudahan ini bisa meminimalisir agar tidak terulang,” kata Helmi.

Wabup juga menjelaskan, kurang lebih 30 rumah yang terkena imbas banjir, namun Alhamdulillah genangan air langsung surut kebawah, dan Pemkab Garut saat ini juga melakukan rekontruksi saluran yang kecil di perlebar supaya bisa menampung air secara maksimal,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, tinjau lokasi pasca banjir, Selasa (07/04) di Kampung Ciroyom Rukun Warga (RW) 02, Desa Barusuda Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut. Wakil Bupati Garut didampingi Camat Cigedug dan unsur Forkopimcam, dan Pemerintahan Desa Barusuda, memberikan bantuan sembako, matras dan selimut termasuk masker kepada warga yang terdampak banjir. (Ndy-YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *