Tolak Corona, Orang Sekampung di Daerah Terpencil Garut Ini Semua Memakai Masker

SEPUTAR GARUT1,900 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Berawal dari memanfaatkan waktu karena kebijakan pemerintah tentang Social Distancing dan Physkal Distancing, yakni pembatasan jarak dan aktivitas sosial masyarakat. Muncul ide brilian dari seorang warga Kecamatan Selaawi. Ia menggagas melangkah membantu pemerintah sosialisasi mengenai bagaimana pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) kepada keluarga, tetangga terdekat dan akhirnya keliling di lingkungan Kecamatan Selaawi.

Ela Nurlela atau sapaan akrab Teh Mayang, warga Desa Samida, Kecamatan Selaawi, yang saat ini terus gencar membagikan masker dan sosialisasi mengenai bagaimana pencegahan penyebaran Corona.

Lansia di Desa Samida Kecamatan Selaawi Serempak gunakan masker.

“Kita bergerak diawali dari kita oleh kita dan untuk kita, dengan memanfaatkan waktu luang, warga biasa ternyata mampuh melangkah kecil dengan cara inisiatif membagikan masker, yang alhamdulillah ada titipan dari para donatur yang mempercayai kami,” ujarnya, Minggu (05/04).

Dikatakan Mayang, awal melakukan kegiatan sosial ini dengan mengajak keluarga, tetangga, sahabat atau teman, rekan serta semua warga untuk berdonasi satu lusin masker. Alat ini untuk melindungi diri sendiri pencegahan atau mengantisipasi penularan beragam penyakit menular diantaranya, Demam Berdarah (DBD), Tuberkulosis (TBC), Influenza, Typus dan yang sedang viral saat ini yakni Corona Virus Disease (Covid-19) dan penyakit menular lainnya yang harus di waspadai.

“Awalnya target Sasaran kami yakni lansia, pedagang kaki lima dan anak yatim piatu. Namun saya berpikir, Covid-19 bisa menyerang siapa saja dan alhamdulillah semua kebagian dan orang sekampung disini mulai anak kecil sampai orang tua semua memakai masker, ” jelas Mayang.

Dari ide gagasan tersebut, kata Mayang, muncul kesadaran warga untuk berdonasi penggalan dana dan terkumpul. Setelah dana terkumpul, kami mencari pengrajin masker kain, mengingat lebih hemat, hygienis dan awet dikarenakan bisa cuci pakai.

“Alhamdulillah saat ini sudah beberapa tempat di Kecamatan Selaawi, kami melakukan pembagian masker ini. Mudah-mudahan ini sebagai kecil kontribusi kami untuk membantu Pemerintah dalam penanganan pencegahan penyebaran Virus Covid-19,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *