PUPR Garut Apresiasi KPSPAMS Salurkan Air Bersih untuk Cegah Covid-19

SEPUTAR GARUT1,310 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sekretaris Asosiasi Kelompok Pengelola Sistem Penyedia Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) Kabupaten Garut, Agus Kusnadi, sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPSPAMS Cigagade, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, atas kepedulian dalam rangka mitigasi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), yang mana KPSPAMS Cigagade telah bergerak mengambil langkah preventif dalam pencegahan Covid-19.

Dikatakan Agus, kontribusi KPSPAMS Desa Cigagade, yang gencar melakukan sosialisasi dalam rangka membantu Pemkab Garut untuk penanganan kesehatan warga masyarakat dilingkungan, terkait merebaknya wabah Covid-19, dan KPSPAMS mengambil langkah dalam membantu tersedianya air bersih untuk masyarakat, yang digunakan untuk cuci tangan di posko Covid-19.

“Saya berharap, KPSPAMS lainnya mengikuti apa yang dilakukan di Cigagade, ini patut di contoh,” ujar Agus, Senin (06/04)

Lanjut Agus, menurut laporan KPSPAMS Cigagade, ide muncul berawal dari salah satu posko yang yang menyediakan sarana cuci tangan dan membutuhkan air bersih, namun kondisi air bersih cukup jauh ke lokasi posko, dan muncul ide untuk mensuport semua posko yang ada di Desa Cigagade, dengan menyalurkan air bersih dari saluran pipanisasi Pamsimas.

“Laporan sementara dari Ketua KPSPAMS Cigagade, pak Hoerudin, saat ini yang sudah terlaksana tersupport air bersih dari pipanisasi Pamsimas, ada lima posko kesehatan Covid-19, dan di targetkan semua posko di desa Cigagade terlayani,” bebernya.

Ketua KPSPAMS Sangkan Hurip, Cigagade, Hoerudin, menuturkan, kegiatan yang dilakukan dalam rangka mendukung penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. Air bersih yang disalurkan ke setiap posko, gratis tanpa biaya.

“KPSPAMS Sangkan Hurip Desa Cigagade, memberikan kontribusi untuk masyarakat dengan memberi bantuan air bersih ke setiap posko siaga Covid-19. Yang sudah di pasang air Pamsimas, baru 5 posko, dan tidak di pungunt bayaran, saat ini akan di pasang 6 posko,” ujar Hoerudin, Senin (06/04).

Terpisah, mewakili Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, selaku leading sector Pamsimas dan Distrik Consultan (DC) serta Fasilitator Masyarakat (FM) Kabupaten Garut. Kepala Bidang Infrastruktur Pemukiman, Dinas PUPR Kabupaten Garut, Edy Kuntoro, ST MT, sampaikan hal yang sama kepada KPSPAMS Cigagade.

“saya mewakili Dinas PUPR Kabupaten Garut sangat mengapresiasi atas gerakan KPSPAMS Desa cigagade Limbangan yang mana ini patut dicontoh bagi KPSPAMS lainnya di Kabupaten Garut. Memang ada beberapa KPSPAMS lainnya juga yang turut serta penanganan Covid-19, ini sangat luar biasa sekali. Saya berharap semua bisa berkontribusi juga diwilayahnya masing-masing,” kata Edi Kuntoro, kepada hariangarutnews. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *