Tinjau Pasar Wanaraja, Ketua DPC PDIP Garut Bagikan Hand Sanitizer, Semprotan dan Masker

SEPUTAR GARUT1,482 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Garut bersama pengurus dan kader partai, mendatangi kembali pedagang pasar Wanaraja, Kamis (02/04). Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Garut, yang sudah berada di lokasi langsung menyambut kedatangan rombongan DPC PDIP.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, mengatakan, dalam kunjungannya untuk membagikan hand sanitizer dan masker, kepada para pedagang serta para pembeli di Pasar Wanaraja. Menurutnya, kenapa pasar Wanaraja menjadi tujuan, karena telah di temukan pasien positif Covid-19, yang telah di umumkan Pemerintah Daerah dua hari lalu.

“Terkait hal ini pasar Wanaraja, jadi salah satu lokasi yang jadi perhatian semua pihak dan menjadi rawan penyebaran virus corona.
Apalagi ketersediaan hand sanitizer dan masker jadi barang langka saat ini,” ujar Yudha, Kamis (02/04).

Dikatakan Yudha, pihaknya sudah sejak sepekan lalu mendatangi pasar-pasar dan tempat fasilitas umum di Garut. Beberapa hari yang lalu, DPC PDIP Garut, pernah melaksanakan Bhakti Sosial (Baksos) penyemprotan desinfektan di pasar Wanaraja.

“Kami datang kembali sekarang untuk membagikan masker dan hand sanitizer, sekalian kami sosialisasikan untuk pola hidup bersih,” kata Ketua DPC PDIP Garut.

Yuda berharap, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan lebih diperhatikan, para pedagang di pasar saat ini terdampak oleh dinyatakannya ada pasien positif Covid-19. Perlu langkah pencegahan dan pemberian pemahaman soal virus Corona yang penularanya sangat cepat dan masif.

“Kalau tidak jualan kasihan pedagang dan pembeli juga. Kebutuhan sehari-hari, kan, ada di pasar. Ya, minimal dengan memakai masker dan tersedianya tempat cuci tangan hand sanitizer ini, sebagai upaya bisa memutus mata rantai penyebaran virus dan mereka bisa lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan,” beber Yudha.

Masker dan Hand sanitizer yang dibagikan, tambah Yuda, sudah sesuai standar dinkes dan aman di pakai untuk aktivitas di pasar ini. Langkah ini sebagai bentuk kepedulian terhadap warga pasar, untuk mengingatkan masyarakat untuk berupaya sebisa mungkin melakukan pysikal distancing atau social distancing dulu sementara ini. Jika tidak bisa dan harus berjualan, minimal menyiapkan diri dengan pelindung diri memakai masker dan hand sanitizer untuk cuci tangan dan jaga jarak.

Kepala Disperindag Kabupaten Garut, Nia Gania, menyambut baik dan apresiasi atas bantuan hand sanitizer dan alat penyemprotan desinfektan, sehingga para pedagang dan pembeli untuk sekarang ini sudah merasakan nyaman untuk bertransaksi, kembali di pasar Wanaraja.

“Langkah itu jadi bagian partisipasi masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Corona. Jadi tak hanya Pemerintah yang bergerak, tapi semua elemen ikut membantu. Kami sangat berterima kasih atas kepedulian dari PDIP Garut ini,” ucap Gania.

Ia juga berharap, elemen masyarakat lainnya bisa ikut membantu untuk mencegah penyebaran virus. Jaga jarak sosial sangat diperlukan agar mata rantai virus bisa diputus, tuturnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Ikatan Warga Pasar (IWAPA) Wanaraja Ceceng Ali Nurdin, khususnya Ketua DPC PDIP Garut, Yudha Puja Turnawan dan jajaran, yang telah peduli dan memberikan solusi serta berkontribusi memperhatikan keresahan warga pedagang pasar dan pembeli, dengan memberikan alat semprot, hand sanitalizer dan masker, untuk pelindung diri bagi aktivitas warga pasar.

“Mudah-mudahan baik pedagang maupun pembeli di pasar Wanaraja, terhindar dari penyebaran virus Corona ini, sehingga bisa aman dalam transaksi jual belinya,” pungkasnya. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *