Ditemukan PDP Positif, Dinkes Garut Lakukan Wawar Protokol Corona dan Sterilisasi Pasar Wanaraja

HARIANGARUTNEWS.COM – Ditemukannya satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan status Positif Covid-19, di Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Selasa (31/03) kemarin. Dinas Kesehatan Kabupaten Garut langsung terjun kelapangan, guna melakukan tindakan preventif untuk penanganan penyebaran Covid-19 lebih meluas khususnys di wilayah Wanaraja dan sekitarnya dan umumnya di Kabupaten Garut.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan, dr Janna Markus Yajariawati MKM, saat ditemui disela-sela kegiatan tracing dan sterilisasi dilokasi pasar Wanaraja, menyampaikan, ini merupakan tindakan preventif sesuai arahan pimpinan, untuk melakukan tracing dan sterilisasi, terutama di pasar Wanaraja.

“Dinkes Garut melakukan wawar, terkait Corona Virus atau Covid-19, selanjutnya, bagaimana pengendalian covid-19 ditempat kerumunan dan tempat ramai,” ujar Janna, Rabu (01/04).

Selain itu, kata Janna, Dinkes juga melakukan penyemprotan desinfektan bekerjasama dengan tim Damkar dan TNI-POLRI, serta mensosialisasikan Social Distancing, yaitu mengatur jarak, tidak ada lagi berkerumun dan pengaturan jarak orang per orang minimal satu meter.

“Terakhir diadakan pemeriksaan kesehatan, dan hasil pertemuan dengan pihak unsur Forkopimcam, Pasar harus menyediakan tempat cuci tangan di pintu masuk dan pintu keluar, arah masuk dan arah keluar harus ada pembatasan, mengadakan posko kesehatan, untuk warga yang sakit saat ke pasar harus melakukan pemeriksaan,” bebernya.

Ditambahkan Sekdis Janna, warga yang ke pasar dianjurkan mempergunakan alat pelindung yakni masker dan tidak membawa anak kecil, dilakukan wawar tidak terlalu lama di pasar, waktu maksimal 15 menit.

“Kesepakatan dengan pihak kecamatan dan dinas terkait, pasar tetap aktif tapi dengan aturan yang diberlakukan. Untuk pencegahan penyebaran covid-19, diharapkan warga mematuhi semua aturan yang telah disepakati,” pungkasnya. (Irwi)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *