Wakil Bupati : Alat Sterilisasi Bides Akan di Produksi Pemkab Garut

FOKUS872 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, meninjau langsung pemasangan Bilik Desinfeksi (Bides) yang dikembangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. Yang mana pengembangan Bides ini sebagai bentuk mengurangi dampak penularan Covid-19. Bides mampu membersihkan virus dan bakteri yang menempel pada pakaian dan permukaan tubuh. Dan sebagai perdana ini akan di pasang hari ini di Puskesmas Tarogong Kaler, Jumat (27/03).

“Barusan saya mencoba hasil dari kreativitas para pegawai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dan Bides ini, sangat besar sekali manfaatnya untuk kita semua sebagai upaya pencegahan virus Covid-19,” ujar Helmi, Jum’at (27/03).

Dikatakan Wabup Helmi, setiap orang yang hendak masuk ke Puskesmas, harus melalui bilik kecil dengan lebar kurang lebih satu meter ini, yang dilengkapi dengan alat penyemprot desinfektan.

“Semua diwajibkan untuk para karyawan dan masyarakat yang hendak masuk ke puskesmas tarogong kaler,” ungkapnya.

Fungsi dari Bides ini kata Helmi, untuk mensterilkan siapa saja yang hendak masuk ke Puskesmas, makanya semua wajib melalui alat ini, nantinya akan keluar cairan desinfektan yang fungsinya untuk menseterilkan kemungkinan kuman-kuman yang ada di tubuh.

“Untuk membuat satu buah Bides ini biaya yang dibutuhkan sekitar Rp5 juta, dan dalam waktu dekat pihak Pemerintah Daerah pun akan memproduksi masal untuk di pasang di tempat umum, rumah sakit, perkantoran dan puskesmas,” pungkasnya. (YB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *