Jalan Sering Longsor Dikeluhkan Warga Sukaregang Garut

FOKUS1,496 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Warga Kampung Sukaregang, RT 01/21, Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, keluhkan adanya pergeseran tanah pada jalan lalulintas disamping sungai Cikayamang yang berdampingan dengan pabrik olahan kulit. Hal tersebut dikhawatirkan rawan kecelakaan, apalagi dipakai lalulintas warga setempat baik pejalan kaki maupun pengendara sepeda motor.

Yanti (40) warga setempat berharap, karena jalan tersebut diperlukan warga, agar segera dibangun tembok penahan tanah untuk mengantisipasi longsoran tanah akibat tergerus air maupun dampak bobot benteng tembok pabrik yang persis diatasnya.

“Saya mah kepingin aman saja, ini saja longsor kemarin bikin panik semua warga disini,” kata Yanti, Jum’at (27/03).

Dikatakan Yanti, jalan tersebut dengan kondisi ketinggian sampai kurang lebih 15 meter dipinggiran sungai Cikayamang, dengan panjang kurang lebih 100 meter ini, sering terjadi longsoran yang membuat warga khawatir. Apalagi berdiri diatasnya benteng tembok pabrik, tentunya beban berat ini menjadi salah satu pemicu longsornya tanah disamping gerusan air sungai, manakala hujan deras.

“Kalau dibiarkan terus begini, kami khawatir terjadi longsor yang lebih besar yang berimbas pada warga sebagai pengguna jalan dan juga pabrik. Saya sih berharap, ini menjadi pemikiran bersama, baik Pemerintah maupun pemilik pabrik, bagaimana caranya jalan yang dilalui ini aman buat masyarakat,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *