Jubir Covid-19 Garut : Perkembangan Sampai Hari Ini, Ada 11 Kasus PDP dan 238 ODP

FOKUS1,439 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Juru Bicara (Jubir) Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat, dalam Press Releasenya menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut sampai dengan Hari Rabu 25 Maret 2020, pada Pukul 18.00 WIB. Ia mengatakan, bahwa sampai hari ini belum ditemukan kasus Covid-19 Positif.

“Secara keseluruhan, jumlah kasus dugaan Covid-19 setiap harinya mengalami peningkatan, dimana sampai hari ini ditemukan sebanyak 249 kasus, terdiri dari 11 kasus PDP dan 238 ODP,” ujar Ricky, Rabu (25/03).

Seperti dilaporkan kemarin, lanjut Ricky, bahwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut, terdapat total 9 kasus Pasie Dalam Pengawasan (PDP), hari ini bertambah 2 orang lagi menjadi 11 kasus PDP, terdiri 2 kasus PDP baru dan 9 kasus
PDP lama. 2 kasus baru PDP ini, satu diantaranya adanya perubahan status yang
semula ODP, namun berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan maka statusnya berubah menjadi PDP. Dengan demikian, imbuh Ricky, dapat dipastikan bahwa kasus PDP sampai saat ini berjumlah 11 orang,
terdiri dari 5 orang yang sudah dipastikan NEGATIF hasilnya dan sudah dipulangkan, 6 orang kondisi masih dirawat, yaitu 4 PDP jenis kelamin laki-laki dan 2 perempuan. Dari sebanyak 6 PDP tersebut, 5 diantaranya kelompok umur Balita.

“Pada hari ini, peningkatan penemuan jumlah kasus ODP yaitu sebanyak 62 kasus, atau secara komulatif sampai hari ini ditemukan sebanyak 238 kasus, dimana 6 ODP sudah dinyatakan selesai masa pemantauannya, 39 proses perawatan di rumah sakit dan puskesmas, dan 193 ODP dalam pemantauan Dinas Kesehatan dan Puskesmas,” bebernya.

Jubir Covid-19 Garut juga menghimbau kepada masyarakat, karena setiap hari kita mendapatkan pemberitaan dari berbagai media termasuk media sosial tentang Covid-19. Ia berharap masyarakat bersikap bijak, pintar memilah dan jangan terlalu mudah percaya atas berbagai pemberitaan dan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, lanjut Ricky, pemberitaan yang benar tentang Covid-19 tentunya akan diinformasikan oleh pemerintah pusat sampai daerah secara berjenjang melalui Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Daerah.

“Pemkab bersama Pelres dan Kodim 0611 Garut terus berupaya melakukan upaya-upaya terbaik untuk masyarakat Kabupaten Garut dalam menghadapi virus Corona (Covid 19),” tuturnya.

Ditambahkan Jubir Covid-19 Garut, beberapa upaya telah dilakukan dengan penyemprotan Disinfektan yang terus menerus kenberbagai tempat yaitu fasilitas sosial, gedung perkantoran, tempat ibadah, sekolah, tempat-tempat umum dan lainnya. Selain itu di perbatasan/pintu masuk Garut dilakukan pemeriksaan terhadap penumpang umum dan penumpang kendaraan pribadi terus dilakukan pengecekan suhu tubuh, serta upaya lain dilakukan oleh Pemkab Garut, Polres Garut dan Kodim 0611 Garut.

“Ini perlu partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk bersama mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) ini diantaranya dengan penerapan Social Distancing atau pembatasan jarak, tidak berkumpul dan mambatasi jarak komunikasi dan lainnya,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *