Cegah Covid-19, Pokdar Kamtibmas Sektor Cibatu bersama Baznas Garut Gelar Bhakti Sosial Penyemprotan Disinfektan

FOKUS1,132 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Sektor Cibatu Polres Garut bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut melakukan sosialisasi dan bakti sosial, untuk mencegah penularan virus Corona di wilayah Dusun I yang menaungi empat RW Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu. Kegiatan bakti sosial ini juga melakukan penyemprotan cairan desinfektan di komplek pesantren, Rabu (25/03).

Ketua Pokdar Kamtibmas Sektor Cibatu, yang juga menjabat sebagai Perangkat Desa Mekarsari, Dede A Ferdinan, yang ditemui di sela kegiatan, mengatakan, Giat Bakti Sosial yang dilaksanakan tersebut sesuai perintah Presiden RI melalui Kapolri terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona yang ada di Indonesia.

Pokdar Kamtibmas Sektor Cibatu, lanjut Dia, bersama tiga pilar yakni Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa Koramil 1105, Pengurus Baznas, Pokdar Sub Sektor, Pengurus RW dan RT, melakukan penyemprotan di komplek mesjid, pesantren, sekolah, dan perumahan warga yang ada di empat RW yakni Kp. Pesantren, Kp. Cadasbodas, Kp. Gadog Hilir, dan Kp. Cipacing Hilir. Hal ini juga, kata Dede, sebagai bentuk sosialisasi untuk masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitarnya.

Guna mencegah penyebaran virus corona, pengurus Sub Sektor Pokdar Kamtibmas Desa Mekarsari sedang melakukan penyemprotan desinfektan di komplek pesantren.

“Bhakti Sosial yang bekerjasama dengan Baznas Garut melalui Penyemprotan ini digelar agar mewaspadai sekaligus pencegahan penularan terhadap wabah Covid-19 atau Virus Corona. Kami memang berniat untuk membantu mencegah Virus Corona, inilah bukti Pokdar Kamtibmas berbuat. Kami sangat terpanggil untuk melakukan ini. Kami berharap tindakan sekecil ini bisa berguna bagi masyarakat,” tandas Ketua Pokdar Kamtibmas Sektor Cibatu, Rabu (25/03).

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mansyuriah, KH Mansyur, mengaku berterima kasih karena Pokdar Kamtibmas menggelar kegiatan bakti sosial di lingkungan pondok. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari ikhtiar untuk mencegah penularan virus Corona, cetusnya.

“Sebagai hamba Allah yang beriman, kami juga mengajak semua umat Islam untuk selalu berdo’a, memohon perlindungan agar terhindar dari ujian penyakit virus Corona. Saat ini, Virus Corona sudah menjadi fenomena dunia internasional. Umat islam jangan berputus asa dan harus selalu yakin optimis menghadapi ujian tersebut,” ujar KH Mansyur.

Terpisah, Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK, mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh pengurus Pokdar Kamtibmas Sektor Cibatu tersebut. Kapolres juga meminta kepada seluruh pengurus Pokdar Kamtibmas agar terus menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, baik ditempat umum maupun lingkungan sendiri.

“Sampaikan kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak panik, serta meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing, dengan selalu mengikuti himbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari untuk melaksanakan kegiatan yang menghadirkan banyak orang maka agar tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur dari pemerintah pencegahan covid-19,” tandas Kapolres Garut. (Gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *