Dinkes Garut Gelar Sosialisasi Covid-19

FOKUS, MIMBAR EDUKASI1,833 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut beserta jajaran TNI, Polri, Bakesbangpol dan BPBD menggelar sosialisasi pencegahan Virus Corona (Covid -19) di tempat-tempat umum. Kegiatan berlangsung di area Pasar dan Terminal Guntur serta Garut Plaza pada Sabtu (21/03/2020).

dr. Tricahyo (Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan) menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meninimalisir penyebaran virus corona yang saat ini sudah menjadi wabah di negeri ini. Sebagai langkah preventif dalam melindungi masyarakat, maka tempat-tempat umum menjadi bidikan dalam sosialisasi.

“Khususnya di Garut, kami tidak ingin sampai ada masyarakat yang menjadi korban / terpapar oleh virus corona ini,” ujar nya.

Kegiatan ini, imbuh Tricahyo, diawali dengan menjelaskan kepada masyarakat tentang virus corona, lalu bagaimana cara mencegah penularannya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan 6 langkah cuci tangan.

“Karena dengan pola hidup sehat, rajin mencuci tangan setiap selesai beraktifitas maka akan dapat mencegah penularan virus corona,” tegasnya.

Sementara, Heni Juliani, SST., M,Kes (Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat) Dinas Kesehatan Garut, saat dihubungi melalui telepon selulernya menyampaikan terkait dengan langkah-langkah  pencegahan penyebaran virus corona di Garut, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi secara berkelanjutan.

“Bukan hanya untuk mencegah virus corona saja, sosialisasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) harus selalu dilakukan agar masyarakat kita lebih tau, sadar, mau  dan mampu melakukan pola hidup sehat untuk kualitas hidup masyarakat yang lebih baik,” ungkap Heni.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, lanjutnya, harus dipahami oleh seluruh masyarakat. Karena jika sudah sakit, baik biaya maupun waktunya akan tersita. Maka masyarakat harus sadar dan mau berperilaku hidup sehat demi kebahagiaan masyarakat itu sendiri. (Husni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *