Warga Terisolir, Kapolsek Banjarwangi Polres Garut Terus Pantau Lokasi Pergeseran Tanah

HALO POLISI759 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kapolsek Banjarwangi Polres Garut Polda Jabar, Ipda Asep Saepudin SH, didampingi Kanit IK dan Bhabinkamtibmas setempat, melaksanakan giat pemantauan lokasi pergeseran tanah di Kampung Lemah Duhur, Desa Mulyajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Kamis (12/03).

Dikatakan Kapolsek, terjadinya pergeseran tanah tersebut berawal sekitar bulan Januari 2020, yang mengakibatkan retakan di sekitar lokasi. Sejak itu Pemerintah Kabupaten Garut, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut dan Forkopimcam sudah beberapa kali melakukan upaya dan langkah-langkah penanggulangan sementara.

“Ini untuk menghindari terjadinya korban baik materil maupun nyawa manusia, sampai dengan saat ini pergerakan tanah tersebut, mengakibatkan turunnya tanah dan badan jalan dengan kedalaman sekitar 80 centi meter dari semula,” ucap Kapolsek, Kamis (12/03)

Saat ini yang telah dilakukan, kata Kapolsek Banjarwangi, yakni melakukan survey kelokasi tersebut guna melakukan tindak lanjut, melakukan penimbunan sementara guna menghindari terhambatnya arus lalu lintas dan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar dan pengguna jalan agar waspada dan berhati-hati.

“Dilokasi dilakukan pemasangan pancang beton di beberapa titik guna memperkuat pondasi tanah. Merelokasi warga dan bangunan sekitar ke lokasi yang lebih aman guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan mengalihkan badan jalan lama ke tempat atau tanah yang lebih kuat,” bebernya.

Ditambahkan Kapolsek Asep, sampai dengan saat ini kejadian tersebut tidak menghambat arus lalulintas, dan jalan masih dapat dilalui oleh kendaraan yang bertonase ringan.

“Saya sudah koordinasi dengan pihak PUPR dan meminta agar penanganan lanjutan kejadian tersebut dapat dilaksanakan secepat mungkin dengan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada warga masyarakat dengan melibatkan unsur terkait,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *