Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Tarogong Kidul Ini Kerap Berhasil Mediasi Persoalan Warga

HALO POLISI1,092 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tugas pokok Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi atau negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di Desa atau Kelurahan.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Cibunar, Polsek Tarogong Kidul, Polres Garut, Bripka Gede Rai P.A.M SH. Dirinya kerap menyelesaikan Problem Solving di wilayah kerja yang menjadi binaannya. Dalam melaksanakan tugas pokoknya tersebut, Gede kerap menggelar kegiatan dengan melakukan kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya.

“Sudah menjadi tugas bahwa saya harus sering ada ditengah-tengah masyarakat untuk membantu memecahkan masalah, memberikan pengamanan kegiatan masyarakat, menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana, memberikan perlindungan sementara kepada orang yang tersesat, korban kejahatan maupun pelanggaran lainnya,” tutur Gede Rai P.A.M kepada hariangarutnews.com, Rabu (11/03).

Gede melanjutkan, bahkan bukan itu saja, Ketua Komunitas Motor GNMC ini juga kerap ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit, serta memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan Pelayanan Polri.

“Seperti yang terjadi pada hari tadi, Dimana adanya perselisihan paham antara warga Cibunar Hilir dengan warga Cibunar Girang. Kronologisnya, di lokasi proyek Bumi Asri Cibunar Hilir, saudara Enjen tiba-tiba mendatangi saudara Aang dan melakukan tindakan pemukulan namun tidak berkelanjutan, karena ini hanya salah paham saja terkait sub pekerjaan proyek tersebut,” terang Gede.

Setelah di mediasi disaksikan pihak desa dan Babinsa Tarogong, lanjut dia, dari kejadian tersebut kedua belah pihak sudah saling memaafkan dan mengakui kesalah pahaman masing-masing. Alhamdulillah, tidak ada korban dari kedua belah pihak, dan situasi kembali normal dan aman. Dalam hal ini, Gede telah melaksanakan
tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas dalam penyelesaian masalah di masyarakat atau problem solving. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *