Dankorpaskhas TNI AU : Haruman Jingga Garut Tempat Latihan Paling Bagus di Jawa Barat

FOKUS2,240 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bertempat di Gedung Pamengkang Pendopo Kabupaten Garut, Bupati Garut H Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja Komandan Kopaskhas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Marsekal Muda Eris Widodo Yuliastono, Aslog Kopaskhas Kolonel Tek Yudi Yuliadi, Jum’at (28/02). Kunjungan dan silaturahmi tersebut dalam rangka tindak lanjut mengenai Planing Haruman Jingga.

Hadir dalam acara, Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Eris Widodo Yuliastono, S.E., M.Tr. (Han), Aslog Korpaskhas Kolonel Tek Yudi Yuliadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Garut Is H Deni Suherlan, Kepala Dinas PUPR Garut, Sekdis Dinas Pertanian, Kabid PUPR, Camat Kadungora, Kepala Desa Karang Anyar Kecamatan Leuwigoong, Kepala Desa Harumansari Kecamatan Kadungora, perwakilan masyarakat Kadungora dengan Leuwigoong.

Bupati Garut H Rudy Gunawan, usai pertemuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Korpaskhas TNI AU yang telah membuatkan membangun pembukaan jalan baru ke Haruman Jingga.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Korpaskas TNI AU yang telah membuat dan membangun pembukaan jalan baru ke Haruman Jingga” ujar Rudy.

Dikatakan Rudy, Garut ini mempunyai tempat lokasi olah raga aero sport untuk tingkat nasional dan internasional. Pemkab Garut akan memfasilitasi apa yang disampaikan pada waktu pembukaan Haruman Jingga.

“Disini ada Kadis PUPR dan Kabidnya, supaya di hitung anggarannya untuk jalan ke Haruman Jingga, jangan sampai dibilang bagus tapi nyatanya jelek,” kata Rudy.

Sebagai penunjang diantaranya sepanjang jalan akan di tanami dengan tanamah hijau, sengaja dengan menghadirkan Sekretaris Dinas Pertanian, yang akan merancang untuk penanaman.

“Saya juga akan berkoordinasi dengan PLN agar listrik segera menyala ke haruman Jingga. untuk akses jalan saya akan anggarankan maksimal tahun depan sudah masuk, untuk bidang pariwisata saya akan dorong terus dengan kepala Disparbud mengenai Haruman Jingga” beber Bupati Garut.

Sementara Komandan Kopaskhas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Marsekal Muda Eris Widodo Yuliastono, didampingi Aslog Kopaskhas Kolonel Tek Yudi Yuliadi, menuturkan, ini merupakan langkah dari TNI AU, berpartisipasi dalam olahraga Aero sport khususnya, jadi dengan menggunakan ketinggian yang dinamakan Haruman Jingga, tempat ini akan menjadi pusat pelatihan paralayang dan gantole.

Dilanjutkan Dankorpaskhas, karena areanya ini adalah milik Pemkab Garut, sehingga untuk pengembangan kedepan bukan hanya sebagai tempat pelatihan aero sport saja, tetapi akan kita buat menjadi destinasi pariwisata di Kabupaten Garut.

“Kita akan bikin teater dengan perkemahan edukasi, dan ini semua harus dibicarakan secara komprehensif dengan Pemkab Garut,” tuturnya.

Eris mengaku, Pemkab Garut sangat respon dan mendukung, karena akan menarik para wisatawan, dan bisa meningkatkan perekonomian diwilayah sekitar pegunungan tersebut.

“Sekarang ini sudah disiapkan areanya ada lima belas hektar, tapi masih dalam taraf awal sekali, sehingga pak Bupati merencanakan akan meningkatkan kualitas areal tersebut menjadi tempat yang siap dikunjungi.

Dankorpaskhas menilai, Haruman Jingga untuk di wilayah Jawa Barat ini bisa dibilang tempat latihan paling bagus, karena mulai dari pendaratan sampai dengan nanti take off landing bisa langsung di fasilitasi dengan kendaraan sehingga, bisa beberapa kali, dibandingkan dengan tempat lain setelah dia landing hanya jalan setapak, kalau sekarang di Haruman Jingga ini sudah membuat jalan menuju ke atas, ini berkat bantuan dari Bupati Garut, pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *