Musrenbang Kecamatan Sucinaraja Garut, Camat : Saya Kecewa Anggota DPRD Tidak Ada yang Hadir

SEPUTAR GARUT1,905 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut H Rudy Gunawan, membuka secara resmi gelar Musyawarah Rencana Pembangungan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Garut 2021, di Kecamatan Sucinaraja, Selasa (25/02). Dalam sambutannya Rudy menyampaikan, bahwa Musrenbang merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan karena berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan di masa yang akan datang.

“Musrenbang ini harus sejalan dengan Visi dan Misi, selaras dengan arus pembangunan sesuai tema yang di usung Pemerintah Kabupaten Garut, agar tidak terjadi tumpang tindih kebijakan. Jadi usulan masyarakat dalam Musrenbang kali ini harus sesuai dengan tema, pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan infrastruktur yang mantap disertai perluasan investasi guna peningkatan daya saing daerah,” ucap Rudy.

Lanjut Rudy, Musrenbang ini juga merupakan forum antar para pelaku pembangunan di tingkat kecamatan yang bertujuan untuk membahas hasil daftar usulan dari desa, sekaligus sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan dari rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Garut tahun 2021, yang diselaraskan pula dengan sumber-sumber perencanaan lainnya, yang dilakukan baik melalui pendekatan politik, teknokratik maupun partisipatif.

“Saya pesankan, agar para peserta musyawarah di Musrenbang bisa memprioritaskan usulan untuk kegitan peningkatan IPM dan pemberdayaan SDM, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Garut,” kata Rudy.

Sementara, Camat Sucinaraja Drs Iwan Trisnadiwan MH, saat diwawancarai menyayangkan atas tidak hadirnya Perwakilan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Dapil 1, di Musrenbang Kecamatan Sucinaraja, karena kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan yang meliputi bidang pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, perekonomian, pertanian dan perikanan.

“Harapannya anggota DPRD hadir untuk menampung aspirasi masyarakat Sucinaraja karena dalam Musrenbang ini untuk penetapan RKPD 2021,” ungkap Camat.

Camat juga menjelaskan, usulan yang masuk dalam Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (RPTK) Sucinaraja, ada empat skala prioritas diantaranya, pertama, pembangunan kantor kecamatan yang reperenstatif. Kedua, Sarana alun-alun kecamatan. Ketiga, Mesjid agung kecamatan dan Keempat, jalan tembus kampung Sagara.

“Saya berharap, bisa terakomodir dan terealisasi meskipun tak seorang pun anggota dewan yang hadir, tapi masih dihadiri oleh para SKPD, para Kepala Desa dan tokoh masyarakat. Supaya selaras dan berkesinambungan dengan tema yang di usung Pemerintah daerah tersebut,” pungkasnya.

Pantauan media, hadir dalam acara Bupati Garut, Kadis PUPR, Kadis Sosial, BAPPEDA para SKPD, Kapolsek Wanaraja, Danramil Wanaraja, para Kepala UPT, Para Kepala Desa, BPD, MUI, LPM, Kader TP PKK, Karang Taruna dan para ormas KNPI, Pendamping PKH, Pendamping Desa,TKSK, dan tokoh masyarakat Sucinaraja. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *