Bupati Garut : Saya Kecewa, TKD Para Kepala Dinas Capai Rp20 Juta Per Bulan Tapi IPM Masih Membleh

FOKUS2,593 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH mengungkapkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di daerah yang dipimpinnya, masih tergolong rendah dibanding daerah lain di Jawa Barat. Bahkan IPM di daerah yang baru saja merayakan Hari Jadi ke 207 ini, berada di urutan ketiga dari bawah dari seluruh daerah tingkat di Jawa Barat.

Dengan kondisi ini, Bupati Garut dua periode ini bertekad membuat program kerja strategis dan terencana. Sehingga membuahkan hasil maksimal untuk pembangunan kedepan. Usia 207 tahun Kabupaten, kata dia, adalah waktu yang panjang. Tapi apa yang terjadi, sehari setelah pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI pada tahun lalu, Garut menerima rapot Indek Pembangunan Manusia (IPM), yang mengalami penurunan dari sisi pertumbuhan.

“Di tahun 2018 pertumbuhan IPM Garut 1,49 dan sekarang hanya 1,22. Padahal saudara sekalian mendapatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) tiga kali lipat. Yang tadinya Kepala Dinas hanya Rp5 juta hingga Rp6 juta, sekarang menjadi Rp20 juta lebih. Tapi IPM kita membleh malah turun,” kata Rudy usai melakukan apel gabungan di lapangan setda, Senin (24/02).

Rudy mengaku ranking Garut ke-25 di Jawa Barat, akan tersusul oleh kabupaten lain kalau tidak ada perubahan. Terkait hal tersebut, Bupati mengingatkan untuk mengejar ketertinggalan tersebut. (Gie/Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *