Percasi Garut Gelar Kejuaraan Catur Antar Pelajar Se-Jawa Barat

MIMBAR EDUKASI1,163 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kabupaten Garut, gelar kejuaraan catur antar pelajar se-Jawa Barat, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12 Garut, Jalan Raya Cimanuk, Simpang Lima, Tarogong Kidul, Sabtu (22/02). Ketua pelaksana sebut, ini dalam rangka Hari Jadi Garut ke-207.

Ketua pelaksana kejuaraan catur, Dr Yusep Mulyana SH MH, menyampaikan, kegiatan digelar dalam rangka mencari bibit baru atlet catur yang handal.

“Soalnya di Kabupaten lain sudah banyak, kalau dulu kita juga punya, tapi atletnya sekarang sudah tidak lagi, makanya sekarang kita mencari lagi,” ucap Yusep, disela-sela kegiatan pembukaan.

Yusep juga mengatakan, Percasi Kabupaten Garut juga merencanakan program kerja keduanya akan membuka sekolah catur di Kabupaten Garut.

“Untuk tempatnya sendiri ini sudah siap di SMK YBKP Garut. Program yang ketiga kita juga akan menyelenggarakan kejuaraan catur se-Jawa Barat non master, yang direncanakan di bulan Maret,” kata Yusep.

Yusep menjelaskan, untuk kejuaraan kali ini memperebutkan trofhi Percasi dalam rangka Hari Jadi Garut ke 207. Peserta yang datang baru 50 orang dari lima Kabupaten Kota di Jawa Barat, diantaranya Garut, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan Kuningan.

“Peserta dari tingkat SD SMP dan SMA, dengan biaya pendaftaran Rp20 ribu per peserta, tapi untuk atlet yang dari Garut dibebaskan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, karena ini di usia sekolah, sementara ini Percasi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Dan kalau untuk tingkat dewasa nantinya akan kerjasamana dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

“Harapannya bisa muncul atlet catur yang handal di kabupaten Garut yang selama ini bisa dibilang tidak ada, makanya kita mencari bibit dan secepatnya membuka sekolah catur di kabupaten Garut, karena untuk tempatnya sendiri sudah ada,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *