Coba-Coba Bunuh Diri, Warga Wanaraja Garut Nyemplung Ke Sumur

SEPUTAR GARUT5,222 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Diduga depresi, Dedi Cahyadi (42) warga Desa Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, lakukan percobaan bunuh diri, Kamis (20/02). Kejadian tersebut diketahui adanya laporan dari pedagang pasar Wanaraja, saat akan mengambil air di sumur, warga tersebut tersebut terkejut karena ada orang di dalam sumur, selanjutnya laporan di teruskan ke Pemerintahan Desa setempat, Forkompimcam Wanaraja dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut. Warga pun langsung bergerak cepat menyelamatkan warga tersebut.

Dana Nurdiana ketua RT sepempat mengatakan, korban yang masuk kedalam sumur tersebut bernama Dedi (42), menurut Dana, yang bersangkutan sudah dua kali masuk sumur .

“Dua kali masuk ke dalam sumur, pertama kali di kampung Pakemitan RW 01 dan yang kedua kali di RW 02 Desa Wanaraja, dua jam di dalam sumur, ditemukan warga, kemudian warga menolongnya,” ujar Dana Nurdiana Ketua RT 03/02 Desa Wanaraja.

Sementara Uken Ibu dari korban mengaku, dikaruniai delapan anak, dan ada dua orang yang kodusinya sakit Depresi, Dedi dan Usep. Kedua kaka adik ini sakit depresi sesudah ayahnya meninggal.

“Anak ke satu dan keempat, setelah ayahnya meninggal, mereka depresi,” ucap Uken.

Sekertaris Desa Wanaraja Ahmad Solihin, mengatakan, di desanya ada tujuh warga yang mengalami ganguan jiwa, tiga Perempuan dan empat laki-laki.

“Ya, ada tujuh warga, Orang Dengan ganguan jiwa, Pemerintah Desa sudah melakukan upaya diantaranya, memfasilitasi warga ke Rumah Sakit di Garut, Bandung hingga Bogor,” jelas Ahmad.

Dikatakan Ahmad, kepada keluarganya pihak desa juga sering ingatkan bila warga yang ODJG akan berpergian atau keluar rumah agar selalu di dampingi, sehingga hal-hal yang tak di inginkan tak terjadi, seperti kejadian hari ini.

Terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut, H Aah Anwar, membenarkan, pagi hari sekitar jam 09.15 WIB, Mako mendapat informasi ada kejadian warga Wanaraja masuk kedalam Sumur. Pihaknya bergerak cepat dengan mengirim satu Regu petugas Pemadam Kebakaran untuk melakukan tindakan pertolongan.

“Sekitar 20 Menit petugas sampai ke lokasi , Alhamdulilah Warga tersebut sudah di selamatkan warga,” kata Kadis Damkar.

Aah menjelaskan, kejadian tercebur dalam sumur baru pertama kali di awal tahun ini, juga peristiwa khusus karena warga menderita sakit depresi. Ia juga menghimbau agar warga yang kondisi ODJG, agar selalu didampingi oleh keluarga, selain itu warga yang melakukan aktivitas mengambil atau menimba air didalam sumur, agar selalu berhati hati harus diberi pengamanan agar tak ada yang terjebur kedalam sumur, pungkasnya. (Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *