Dandim 0611 Garut : Mari Budayakan Tanam Vetiver, Cegah Bencana Alam

SEPUTAR GARUT919 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Antisipasi bencana longsor, Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, gelar Karya Bhakti penanaman Vetiver di Blok Delapan Lawang Angin Desa Tanjung Jaya Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Rabu (12/02). Hadir dalam acara, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin agung T.W.A., S.T., M.Tr.(Han), Kasdim Mayor Inf Hamzah Budi Susanto SE dan jajaran PJU Kodim 0611 Garut, unsur Forkopimcam dari Banjarwangi dan Cikajang, Asper Wil Cikajang, Kepala UPT Pertanian, Adm. PTPN VIII Bpk Raden Prayoga, Adm. Perkebunan PT Cakra, Adm. Agro Jabar, Kepala Desa Tanjungjaya, Babinsa, tokoh agama dan masyarakat.

Acara dibuka di Gedung Olah Raga (GOR) Desa Tanjunjaya Kecamatan Banjarwangi, sementara untuk lokasi Penanaman di Blok Delapan Lawang Angin Desa Tanjungjaya, Sepanjang jalan Cikajang Pamengpeuk dan kampung Simpang Desa Cipangramatan Kecamatan Cikajang.

Dandim 0611 Garut, Letkol Erwin Agung T.W.A, S.T., M.Tr (Han), dalam sambutannya menyampaikan, beberapa waktu yang lalu TNI-Polri dan BPBD kami di undang Presiden Republik Indonesia, yang mengintuksikan serta menghimbau untuk mengajak untuk menanam vetiver.

“Saat ini kita melaksanakan mitigasi, itu upaya-upaya untuk mengurangi dampak akibat dari bencana beberapa waktu terakhir ini di Kabupaten Garut, khususnya di wilayah Cikajang dan Banjarwangi,” ucap Dandim.

Dandim juga mengajak agar masyarakat membudayakan tanam Vetiver, ini salah satu upaya juga dalam pencegahan bahaya longsor. Kebetulan, lanjut Dandim, Akarwangi atau nama biologi Vetiver ini ada di sini. Vetiver itu sejenis rumput iya di tanam di ketinggian 1500 MDPL ke atas dan curah hujan di 1500 ke atas, sehingga apabila di kaitkan dengam musim sekarang musim penghujan dengan ketinggian tempat kita menanam ini, tidak mengalami kesulitan dengan adanya air yang cukup bagus di tanam di tanah yang tidak terlalu padat.

“Insya Alloh, dalam waktu dekat ini akan cepat pertumbuhannya, ini tidak memerlukan pemeliharan khusus seperti tanaman-tanaman lainya mesti di rawat,” katanya.

Hari ini tambah Dandim, adalah kali kedua untuk melaksanakan penanaman, beberapa waktu yang lalu dilakukan di Kecamatan Pakenjeng. Terakhir, ia menandaskan ajakannya dalam program penanaman tersebut, bagaimana menjaga alam, maka alam akan menjaga kita, pungkas Dandim. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *