Giatkan Ronda, Anggota Polsek Bayongbong Garut Ini Ngabagi Rasa dengan Warga

HALO POLISI1,272 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas Desa Cikedokan, Polsek Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Bripka Yosep Krisdiana Putra S.Ip, melalui jargon “Ngabagi Rasa” mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali pos ronda di tiap-tiap dusun yang ada. Kasi Humas Polsek Bayongbong ini tidak henti-hentinya mensosialisasikan tentang menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat.

“Program harkamtibmas dengan judul Ngabagi Rasa ini merupakan salah satu bentuk pemeliharaan di bidang kamtibmas dalam ruang lingkup lingkungan lokal dengan menggalakan kembali ronda malam. Dalam program ini, petugas Kepolisian tidak hanya melaksanakan kegiatan monitoring namun ikut melaksanakan kegiatan ronda malam,” ujar Bripka Yosep Krisdiana, Selasa (11/02).

Dia melanjutkan, didasari pentingnya rasa nyaman dan aman bawasanya berawal dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Jika hal itu sudah dimengerti oleh setiap masyarakat maka akan dirasakan kesejahteraan yang diperoleh dari rasa nyaman kehidupan bermasyarakatnya. Masyarakat juga, kata Yosep, harus terus bermitra dengan kepolisian untuk berkordinasi terkait berbagai hal yang mampu dilakukan bersama dengan pihak kepolisian.

“Alhamdulillah apresiasi, respon dan feed back dari warga masyarakat Desa Cikedokan sangat antusias dan positif serta menyambut penuh dengan semangat. Terbukti baru satu minggu saya jalankan program ini, kini di tiap kampung ronda malam dilaksanakan dan banyak warga yang melaksanakannya. Upaya ini juga sangat efektif untuk mendeteksi adanya bibit-bibit terorisme atau mencegah tindak kriminal lain, termasuk peredaran narkoba,” ujarnya.

Kasi Humas Polsek Bayongbong menambahkan, pelaksanaan ronda malam di sesuaikan dengan jumlah pos kamling dan diatur sesuai dengan jadwal atau agenda yang telah direncanakan. Kegiatan ini juga, imbuhnya, dilaksanakan dikarenakan antusiasme warga untuk melaksanakan ronda malam sudah mulai berkurang, hingga akhirnya mengusung program ini, pungkas Yosep.

Sementara, Ketua Pokdar Kamtibmas Polsek Bayongbong, Nanang Koswara mengungkapkan kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat dirasa sangat membantu. Meski tindak kriminal di desa jarang terjadi, tetapi tidak ada ada salahnya tetap berjaga-jaga, ucapnya.

“Terima kasih banyak untuk Bapak Kasi Humas Polsek Bayongbong yang telah melakukan kegiatan rutin ronda setiap malam dengan warga. Dengan adanya patroli dan terjunnya anggota kepolisian, maka sistem keamanan di wilayah menjadi semakin kuat jadi kita bisa menjaga keamanan bersama-sama,” katanya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *