Dongkrak Pelaku Usaha, Disperindag Apresiasi PNM Cabang Garut

FOKUS1,481 views

HARIANGARUTNEWS.COM – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM melakukan pelatihan pendampingan usaha atau capacity building untuk Program Kemitraan Bina Lingkungan PNM Cabang Garut. PNM bekerjasama dengan PT KAI memberikan pelatihan dengan tema “Manajemen Usaha dan Sosialisasi Perizinan Usaha Terintegrasi” di Aula Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (11/02).

Dikatakan Manager Bisnis PNM Cabang Garut, Ence Dindin Saefudin, PNM sebagai Badan Usaha Milik Negara wajib menyalurkan pembiayaan program kemitraan kepada pengusaha guna meningkatkan kemampuan usaha agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

“Upaya penguatan UMK tersebut bukan hanya melalui pinjaman finansial untuk membiayai modal kerja dan atau pembiayaan aktifa tetap, akan tetapi pendampingan usaha (Capacity Building) melalui pelatihan, pendidikan, pemagangan, pemasaran dan promosi serta hal lain yang terkait dengan peningkatan produktivitas mitra binaan,” ungkap Ence Selasa (11/02).

Terkait acara yang digelar, Ence mengungkapkan, PNM adalah sebagai fasilitator, penyambung antara UMKM dengan pemilik dana yakni PT KAI. Bukan hanya CSR PT KAI saja yang dikelola, jika ada dana CSR dari BUMN yang lain, bisa dikelola juga di PNM. Jadi, imbuh Ence, nanti tinggal datang saja ke kantor cabang apabila ada yang mau mengajukan program kemitraan. Bila dana CSR sudah dikeluarkan oleh BUMN, maka PNM akan menyortir UMKM mana yang layak dibiayai.

“UMKM ini berkelompok dengan jumlah per kelompok 10 orang, siapa yang ditunjuk ketuanya, maka akan bertanggung jawab terhadap pengembaliannya. Untuk pengawasan di internal kelompok, ketua juga nantinya bertanggung jawab mengawasi anggotanya, seperti angsuran bulanan atau lainnya. Untuk awal, PNM sendiri akan menganalisa UMKM mana yang layak atau tidak, karena kami juga bertanggung jawab kepada pemberi dana CSR tersebut dalam hal ini PT KAI,” pungkas Ence.

Sementara perwakilan Disperindag dan ESDM Kabupaten Garut, Erni Herdiani S Ip menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT KAI dan PNM Cabang Garut, atas sinergitas dan pembinaan para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Garut. Erni menuturkan, PNM Cabang Garut telah mendongkrak para pelaku ekonomi di Kabupaten Garut.

“Khususnya kami dari bidang pengembangan usaha perdagangan, yang diantaranya adalah bidang usaha, promosi dan kelembagaannya, sangat mendukung program-program dari BUMN, terutama dari program CSR melalui PNM kepada para pelaku usaha di Kabupaten Garut, dan mungkin kedepannya akan bersinergitas mulai dari pembinaan dan promosinya,” tandas Erni.

Dikatakan Erni, kedepan pihaknya akan melakukan pengawasan dan monitoring ke tempat usaha dan jenis usahanya, agar para pelaku usaha bisa bersinergitas dengan Dinas. Melalui klinik pengembangan industri, imbuh Dia, produk-produk industrinya akan dibina dan dikembangkan melalui pelatihan-pelatihan dan pemberian alat.

“Kami akan survey kepada 10 kelompok yang sudah ada ini, agar bisa lebih ditingkatkan lagi usahanya. Melalui pelatihan-pelatihan yang berorientasi kepada ekspor. Harapan kami bisa terbinanya kemitraan dengan BUMN yang akan bersinergitas di Kabupaten Garut,” pungkas Erni. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *