Kopi Margamulya Cikajang Garut, Jadi Sample Ke Jepang dan Inggris

MENARA GARUT2,193 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kepala Desa Margamulya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, H Gunawan Al Farhani, mengungkapkan kebanggaannya, karena wilayah desanya terpilih jadi lokasi acara peresmian Donasi Program Desa Sejahtera Astra dan peletakan batu pertama Smart Greenhouse, yang digelar pada Sabtu (08/02).

“Bangga sekali desa kami terpilih menjadi tempat dimana acara seremoni dilaksanakan. Artinya mudah-mudahan dengan acara ini mendorong masyarakat untuk lebih serius terhadap kopi. Karena nanti rencananya kaitan dengan produk kopi itu akan dikerjasamakan dengan pihak Astra,” ujar Gunawan.

Gunawan menjelaskan, di Desa Margamulya, ada sebelas kelompok yang sekarang didorong untuk menanam kopi, apalagi dua bulan kebelakang, sudah bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, di area sekitar 70 hektare, yang sudah dikerjasamakan.

Insya Alloh, ini akan di dorong untuk ditanami kopi, dan itu salah satu bentuk perwujudan program destinasi wisata kopi, bahkan nantinya akan ada istilah ngopi di kebon kopi,” cetusnya.

Sementara, salah satu Ketua Kelompok petani kopi, Hendra Suhendar, mengucapkan terima kasih kepada pihak Astra, sambutan baik dari para petani khususnya yang mandapat bantuan berupa Smart Greenhouse.

Di Kabupaten Garut baru kelompok kami yang terpilih, dan yang ditunjuk khusus Desa Margamulya,” ucapnya Hendar.

Hendar juga menyampaikan, bantuan yang diterima berupa alat pengukur kadar keasaman dan pengukur kemanisan kopi. Alat ini sudah terintegrasi dengan perangkat aplikasi di smartphone. Dan kelompoknya sudah terpilih menjadi sampel kopi untuk ke Jepang dan Inggris, pungkasnya. (Ricky).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *