Kapolres Garut dan Dandim Lepas Kirab Perayaan Cap Go Meh

GARUT KOTA1,109 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dengan mengusung Tema” Kirab Budaya Liong dan Barongsai”, Perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Garut berlangsung semarak, ribuan warga antuasias disepanjang jalan menyaksikan pawai pertunjukkan kebudayaan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian terakhir dalam perayaan Imlek pada 2020. Perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Garut berpusat di Vihara Darma Loka Jalan Guntur Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (09/02).

Pantauan dilapangan, pawai dimulai pukul 13.00 WIB. Mengambil start di vihara terbesar di Wilayah Kabupaten Garut ini, kirab budaya Cap Go Meh, dengan menyuguhkan tontonan menarik. Berbagai macam jenis barongsai, liong, Pencak Silat, dan pengamen jalanan yang dipadukan dengan kesenian tambur mulai mengelilingi jalan Kota Garut.

Mewakili Forkompinda Garut, Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr.(Han), dalam sambutannya menuturkan, Perayaan Imlek yang ada di Indonesia, khususnya di kabupaten ini, dijadikan Perayaan Imlek juga menjadi nilai khusus etnis thionghoa di Indonesia, mereka dimiliki seluruh komponen bangsa Indonesia. Perayaan ini sendiri menjadikan lambang tunggal kebhinekaan yang terlepas dari sekat etnis maupun keyakinan.

“Perayaan ini mengangkat persatuan keragaman yang telah kesadarannya didalam perjalanan kehidupan berbangsa. Sebagaimana inspirasi budaya menjanjikan tahun baru imlek yang pada awalnya menjadikan tradisi bangsa tiongkok kemudian menyebar pelosok dunia melalui para dispora mereka termasuk di Indonesia ini khususnya yaitu di kabupaten garut pada khususnya,” tutur Dandim.

Dandim juga mengatakan perayaan Imlek tersalin menjadi sebuah keindahan budaya yang dapat menjangkau dan dinikmati siapapun. Hari ini juga merupakan kontribusi kita kepada negeri di mana melestarikan budaya, yang ada di Indonesia khususnya.

“Hari ini kita akan diwarnai kirab dengan kepiawaian memainkan atraksi barongsai. Saya mendo’akan, semoga semua ini dilindungi oleh Tuhan yang maha kuasa sehingga tujuan dari kegiatan hari ini dapat tercapai dengan lancar, aman, sehat dan tentram.

Usai menyampaikan sambutannya, Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr.(Han), bersama Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah SIK MIK, menyerahkan bendera Petaka secara simbolis kepada komunitas yang akan melakukan pawai atraksi barongsai dan liong keliling kota Garut. (Ndy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *