Di Musrenbang Kecamatan Wanaraja, Bupati Sampaikan IPM Harus Jadi Perhatian Serius

SEPUTAR GARUT1,877 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Kecamatan Wanaraja menggelar Musyawarah Rencana Pembangungan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Garut 2021, di Aula Kecamatan Wanaraja, Rabu (05/02/2020). Bupati Garut Rudy Gunawan menghadiri langsung Musrenbang tersebut.

“IPM Garut masih rendah dan daya beli masyarakat masih rendah. Ini butuh perhatian serius. Rata-rata pendapatan perkapita Warga Garut masih rendah. Pendapatan perkapita hanya Rp 1,8 juta per bulan. Idealnya pendapatan perkapita Rp 6 Juta per bulan,” kata Bupati kepada awak media.

Rudy menyampaikan akan ada hadiah bagi kecamatan yang membuat dokumen perencanaannya bagus hadiahnya mobil dan motor. “Yah itu untuk Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang dokumen perencanaannya paling baik,” katanya.

Dalam Musrenbang itu dihadiri Kepala BAPPEDA Widiyana, Kapolsek Wanaraja, Danramil Wanaraja, Para kepala UPT, para Kepala Desa, Karangtaruna, KNPI, para Anggota BPD, Ketua MUI dan tokoh masyarakat Wanaraja. Hdir pula para Anggota DPRD dari Dapil 1, Dede Salahudin/F-PKS, Cucu Suhendar/Ketua F-Demokrat, Ayi Suryana/Ketua F-PPP, Lulu Gandhi/Ketua F-Gerindra, Ihat Solihat/F-PKB, Yusuf Musyaffa/F-PKS, Yudha Puja Turnawan/F-PDIP dan Asep Mulyana/F-Gerindra.

Camat Wanaraja Ganda Permana menyampaikan berbagai data, mulai data tingkat kemiskinan Kecamatan Wanaraja yang mencapai 15%, pengangguran sebanyak 1.212 jiwa dari total jumlah penduduk 51 ribu jiwa, terdapatnya sejumlah fasilitas pendidikan yang rusak berat, kondisi infrastruktur, 16 jembatan kecil atau jembatan bambu yang inggin dibuat jembatan permanen, hingga 1.688 KK belum memiliki fasilitas listrik sendiri.

“Itulah beberapa kondisi faktual di Kecamatan Wanaraja, semoga ini menjadi bahan dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Wanaraja,” katanya.

Sementara, Anggota DPRD Garut Dede Salahudin dalam sambutannya menyampaikan agar Musrenbang ini dijadikan sebagai landasan perencanaan pembangunan tahunan agar bisa terlaksana sesuai harapan masyarakat mengacu kepada visi Kabupaten Garut bertaqwa, maju dan sejahtera.

“Karena ada usulan bersifat politis maka kami Anggota Dewan Kab. Garut yang mewakili Dapil 1 akan berusaha untuk mengawal dan mewujudkan terlaksannya pembangunan di Wanaraja,” imbuh Dede.

Diantara usulan dari Kecamatan Wanaraja, Pemda akan menuntaskan perbaikan dan pelebaran jalan menuju talaga bodas. Selain itu, normalisasi aliran Sungai Cirujit dan pembuatan jalan baru GSW lebarnya 15 meter, serta penanganan limbah dan sampah.

Dalam Musrenbang juga diberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Desa Sindangmekar atas penyelenggaraan Musrenbang tingkat Desa Terbaik di Kecamatan Wanaraja. (Bulan/Irwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *