Tak Tersentuh APBD, Wabup Garut Apresiasi Baznas Salurkan Bantuan Ke Dinas Kesehatan

FOKUS1,262 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam apel pagi gabungan dilapangan Setda Kabupaten Garut, Senin (03/02), Wakil Bupati Garut didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut menyerahkan bantuan sebesar Rp75 juta, kepada Dinas Kesehatan, yang diperuntukkan pembangunan sepuluh unit septic tank komunal, dalam rangka mensukseskan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Ketua Baznas Garut Rd H Aas Kosasih S Ag M Si, usai apel gabungan menyampaikan, bantuan yang diserahkan hari ini, dalam upaya membantu Program Pemerintah di bidang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dalam percepatan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Kami akan membantu Pemkab Garut untuk mensukseskan program ODF yang tentukan diperuntukan bagi masyarakat Garut yang selama ini masih ada cara-cara lama buang air besar sembarangan,” ucap Ketua Baznas.

Aas juga menjelaskan, bentuk bantuan yang diberikan Baznas Garut, berupa sarana insfrastuktur pengadaan septic tank komunal bagi pembuangan tinja bagi warga masyarakat yang belum memiliki pembuangan kotoran.

Sementara, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Garut atas bantuan yang disalurkan, karena hal ini merupakan tugas besar bersama dalam meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di bidang kesehatan. Untuk kesehatan itu, lanjut Helmi, harus lebih ke arah preventif dan promotif, salah satunya adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan program Open Defecation Free yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan sekarang program ini dibantu oleh Baznas Kabupaten Garut.

“Tentunya karena yang buang air besar sembarangan itu adalah masyarakat kita yang tidak mampu, tidak punya sarana WC untuk buang air besar yang layak da sehat, harus masuk kepada asnaf dan di bantu oleh Baznas, misalnya tidak ada sarana septic tank ini dibantu pembuatannya oleh Baznas,” kata Helmi.

Dikatakan Helmi, Baznas Kabupaten Garut hadir untuk membantu masyarakat kita yang kurang mampu atau miskin yang saat ini ada yang tersentuh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ada yang tidak, karena agak sulit untuk langsung menyentuh ke perorangan.

“Nah ini ada bantuan dari Baznas bisa langsung menyentuh ke perorangan dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *