Tanggap Stunting, Pokjanal Posyandu Pasirwangi Garut Gelar Rakor Gabungan

SEPUTAR GARUT1,538 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam upaya meningkatkan peran Posyandu dan Penanggulangan Stunting di Kecamatan Pasirwangi, Pokjanal Posyandu Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, gelar Rakor Pokjanal Posyandu se Kecamatan Paasirwangi, di aula Kecamatan, Kamis (23/01) yang lalu.

Rakor tersebut diselenggarakan atas kerjasama dan koordinasi antara Camat Pasirwangi dengan Ketua Pokjanal Pasirwangi serta Kasi Kemasyarakatan, seluruh Kepala UPT/UPTD terkait, yakni Kepala UPT Puskesmas Padaawas dan Gadog, Kepala UPT P3KBP2PA, Ketua PKP Kecamatan 2 Orang Bidan Koordinasi Puskesmas, 12 Orang Bidan Desa, 12 Orang Pokja Desa se Kecamatan Pasirwangi, 12 Orang Ketua Ketua Tim Penggerak PKK Desa, dan seluruh Ketua Kader Posyandu di Kecamatan Pasirwangi sebanyak 105 Orang.

Dalam Sambutannya Camat Pasirwangi Odik Sodikin S Sos M Si, mengatakan bahwa, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemanfaatan kedua Puskesmas di Kecamatan Pasirwangi, pemanfaatan dan pemberdayaan Posyandu di masing-masing wilayahnya.

“Ini akan sangat membantu masyarakat dan pemerintah dalam upaya bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama untuk Ibu Hamil, Balita serta upaya persuasif dan prefentif penanganan stunting dan upaya Penanganan AKI dan AKB,” ujar Camat, Senin (27/01).

Sementara, Ketua Pokjanal Kecamatan Pasirwangi Drs H Suhud Suhudiah M Si, mengajak seluruh unsur terkait untuk bersama-sama meningkatakan peran Kader dan Posyandu dalam upaya meningkatkan peran Posyandu untuk bisa Mandiri melalui penggalangan Dana Sehat oleh masyrakat, baik melalui Iuran Rutin masyarakat yang telah disepakati bersama atau melalui pemanfaatan Beras Perelek di setiap wilayahnya yang sudah berjalan melalui penguatan legalitas oleh desa.

“Adanya Perdes di masing-masing Posyandunya yang mengatur tentang penggalangan Dana Sehat melalui Iuran Rutin dan Beras Perelek setiap Kepala Keluarga yang diperioritaskan untuk membantu pelayanan kesehatan di setiap Posyandu, akan sangat menunjang program kesehatan di setiap Posyandunya,” beber Suhud.

Dalam Rakor Pokjanal tersebut juga, setiap Kepala UPT/UPTD terkait dan ketua PKP menyampaikan materi untuk mendukung pemberdayaan Posyandu di setiap wilayahnya melalui isue program Kabupaten Garut saat ini yaitu penanganan stunting.

Diakhir Kegiatan Rakor Pokjanal, sebanyak 105 Orang Ketua Kader Posyandu se Kecamatan Pasirwangi bersama Pengurus Pokjanal kecamatan Pasirwangi dan seluruh Bidan Desa menyepakati pencapaian Posyandu Mandiri sebanyak 50% di masing-masing desanya pada Bulan Agustus 2020, dari pencapaian saat ini sebanyak 15%. Bahkan ada 2 Desa yang siap 100% di Strata Posyandu Mandiri pada Bulan Agustus 2020, yaitu Desa Padamulya dan Pasirkiamis. (Mahdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *