Reses Yusup Musyafa dari Fraksi PKS : Kita Lawan Rentenir dengan Mesra

SEPUTAR GARUT958 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Reses Anggota DPRD Garut Masa Sidang I Tahun 2020 kali ini banyak ditemukan keluhan mengenai praktek rentenir yang populer dengan sebutan “Bank Emok”. Begitupun pada reses legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Garut, Yusup Musyafa.

Kemudahan meminjam di Bank Emok membuat banyak masyarakat tergiur. Masyarakat seakan tak punya pilihan di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang rendah dengan kebutuhan sehari-hari yang mahal. Belum lagi kenaikan iuran BPJS dan lainnya.

Mereka yang menggeluti dunia usaha pun sulit mengembangkan usahanya. Mengembangkan usaha ke lini toko online juga tak semudah membalikan telapak tangan.

“Pak cing pamarentah teh aya program bantu usaha jeung tong dipotongan subsidi the. Kan ripuh ibu the,” celoteh Bu Idah, pada sesi tanya jawab di reses Yusup Musyafa.

Anggota DPRD Garut yang pernah berkerja di Takaful Insurance inipun menegaskan, akan memanggil UMKM untuk menyelesaikan dan mencarikan solusi buat masyarakat Garut. Supaya mereka tidak terjerat rentenir. “Kita akan lawan rentenir dengan program Kredit Mesra,” ungkapnya.

Ditambahkan Yusup, pihaknya akan mengecek ke bank bjb tentang program Kredit Mesra yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat. Dimana pinjaman usaha berbasis masjid ini sangat relevan untuk melawan rentenir.

“Hanya program ini, DKM harus memastikan bahwa yang diberikan pinjaman usaha itu yg benar-benar punya usaha dan mau usaha. Karena sistem pinjamannya berkelompok dan taggung renteng bersama. Selain itu nasabahnya juga wajib memakmurkan masjid dan sholat subuhnya harus berjamaah di masjid biar daerahnya berkah,” katanya. (Bulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *