Akibat Hujan Deras, Jalan Penghubung Antar Desa di Cisewu Garut Putus

SEPUTAR GARUT1,970 views

HARIANGARUTNEWS .COM – Curah hujan yang terus meninggi, mengakibatkan di beberapa daerah terjadi meluapnya air dan longsor. Seperti yang terjadi di jalan Kampung Sawah Manjah RT 02/02 Desa Girimukti, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jum’at (24/01). Hal ini akibat hujan deras dari mulai sore hingga malam, pada Kamis (23/01), yang mengakibatkan longsor.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cisewu Hery S PKP, mengatakan, jalan tersebut menghubungkan antara Desa Girimukti ke Desa Mekarsewu, dan tak hanya putus alur transfortasi, jalur listrik PLN pun putus.

“Waktu kejadian sekitar pukul 01.30 WIB, siang, disebabkan oleh hujan deras sejak sore hingga malam hari pada hari kamis kemarin,” ucap Plt Camat Cisewu, Jum’at (24/01)

Hery juga menjelaskan, dampak dari kejadian ini, terisolirnya jalan yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Cisewu, jalur listrik PLN juga terputus. Lebar longsoran kurang lebih 3 meter persegi, Panjang 10 meter persegi, dan lagi jalan terancam longsor susulan kurang lebih 50 meter persegi.

“Ada sawah disekitar jalan terkena timbunan tanah sekitar 1,5 hektare, kalau terjadi longsor lagi, kemungkinan melebar ke sawah lainnya,” beber Camat.

Ditambahkan Hery, sementara ini jalan alternatif, hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua itupun melewati jalur sungai yang jembatannya belum selesai dan ditakutkan air naik disaat hujan pada saat pengguna jalan melewati jembatan. Saat ini Penanganan sementara, dengan melakukan peninjauan lokasi beserta jajaran Forkopimcam, petugas dari PLN dan juga masyarakat untuk membersihkan material longsoran untuk membuat akses jalan agar bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *