Musrenbangdes Sukamulya Pangatikan, Bappeda : Menangkap Aspirasi dari Bawah

SEPUTAR GARUT1,434 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintahan Desa Sukamulya Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2021 bertempat di Aula Desa Sukamulya, Jumat (17/1/2020) lalu.

Acara ini dihadiri Camat Pangatikan Hj. Titin Wartini, S.Sos, Bidang Perencanaan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Garut, Kasi PMD, Kepala Desa Sukamulya Jono, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal desa, UPT Pukesmas Cimaragas, BLKB, BPP Pertanian, Korwil Pendidikan, PUPR, Ketua Dusun, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua RT RW, tokoh masyarakat, serta unsur lainnya.

Kepala Desa Sukamulya Jono, menjelaskan, Musrenbangdes ini menitikberatkan kepada pemberdayaan bidang ekonomi. “Kami menjabat ini intinya ingin ada hal yang dirasakan oleh masyarakat yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat agar mandiri berdikari dalam ekonomi,” katanya.

Jono menambahkan, bahwa tujuan yang lainnya pelaksanaan musrenbangdes ini adalah untuk mempertajam usulan program dengan skala kegiatan yang diprioritas untuk tahun Anggaran 2021.

“Mudah-mudahan Musrenbangdes ini benar-benar mengakomodir usulan-usulan dari masyarakat yang pada sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan dusun di masing-masing dusun,” kata Kades Jono.

Camat Pangatikan Hj. Titin Wartini, S.Sos menyampaikan Musrenbangdes ini meliputi beberapa bidang diantaranya Infrastruktur, Ekonomi, Pemerintahan serta Bidang Sosial dan Budaya. “Jadi, jika ada program sebelumnya belum terlaksana akan dibahas dalam musyawarah kali ini serta diusulkan menjadi program prioritas tahun ini. Dan nanti hasil dari pengajuan tersebut akan dibahas di Musrenbang Kecamatan dan diajukan kembali di Musrenbang tingkat Kabupaten,” paparnya.

Camat pun berharap Kegiatan yang dilaksanakan bisa mendorong percepatan visi misi kabupaten Garut yang Bertaqwa, Maju dan Sejahtera. ”Menurunkan kemiskinan dan dapat meningkatkan IPM (bidang kesehatan, pendidikan dan daya beli masyarakat ),” pungkasnya

Sementara itu, dari Bidang Perencanaan Pembangunan Bappeda Garut, Deni yang didampingi Budiman, dalam pengarahannya menyebutkan, Musrenbang ini adalah tahapan dari bawah mulai tingkat dusun, desa, kecamatan hingga sampai ke kabupaten.

Ia mengharapkan Musrenbang akan menghasilkan program-program Pembangunan yang bermuara untuk kesejahterahan masyarakat.

“Musyawarah rencana pembangunan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa untuk tahun 2021, merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah. Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi kondisi dan perkembangan terkini,” pungkas Deni.

Reporter : Irwan

Editor      : Firman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *