Coaching Clinic AGU Hadirkan Instruktur Pelatih PSSI Jessie Mustamu

MENARA GARUT1,437 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemain Timnas Era 1980-1990 Jessie Mustamu berbagi ilmu kepada para pelatih sekolah sepak bola (SSB) yang mengikuti coaching clinic gratis yang digelar Akademi Garut United (AGU), di Lapang Rancabango, Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut, Sabtu-Minggu, (18-19/01/2020). Disamping itu, pria kelahiran Ambon yang sekarang aktif sebagai Instruktur Pelatih PSSI berlisensi AFC ini, juga memberikan latihan dasar kepada anak-anak AGU di SOR Gelora Merdeka Kerkof.

”Saya minta agar para pelatih memberikan pemahaman kepada para orang tua siswa, bahwa pembinaan terhadap pemain usia dini tidak semata mata untuk meraih kemenangan, atau mengharuskan untuk juara. Kalaupun mendapat kemenangan, itu adalah bonus dari kerja keras pelatih. Kita lagi membangun pemain muda untuk bermain di masa depan, untuk apa sekarang juara, tapi si anak tidak jadi pemain di masa depannya,” disampaikan Jessie dihadapan peserta coaching clinic.

Jessie menjelaskan, dalam program pelatihan terhadap anak usia dini sudah ada pengelompokan usia, dengan metode latihan yang berbeda. Hal itu sudah tertuang dalam kurikulum yang ada di induk sepak bola PSSI.

”Misalnya, untuk usia 6 hingga 9 tahun itu fase kegembiraan dan tidak ada latihan skill. Hanya dilatih gerakan-gerakan yang mengarah ke sepakbola,” katanya.

Sedangkan, anak usia 9 hingga 13 tahun latihannya sudah mengarah ke skill. “Ini basic banget. Lemahnya sepak bola kita itu berawal dari usia 9 sampai 13 karena latihan dasarnya yang salah. Kan ketika kita membangun dasarnya kuat, maka bangunannya pun akan kuat,” jelas Jessie.

Ketua Akademi Garut United H. Cahyadi Kristiawan, SE usai memantau jalannya coaching clinic, menyampaikan, Akademi Garut United lahir untuk memajukan sepakbola Garut. pihaknya juga ingin turut meningkatkan SDM pelatihnya.

“Makanya hari ini sengaja kita berikan coaching clinic gratis bagi pelatih SSB. Dan dalam waktu dekat, kami juga akan menyelenggarakan kepelatihan Lisensi D atau C agar pelatih di Garut ini lebih mumpuni,” katanya.

Terlihat hadir dalam kegiatan itu, Ketua Askab PSSI Garut Amirudin Latif bersama Sekjen Angga serta jajaran pengurus lainnya. Kegiatan dipandu Direktur Tekhnik AGU Sutiono Lamso dan jajaran pelatih AGU yakni Dadang, Wahyu, Toha, Dedi dan yang lainnya. Coaching clinic diikuti 67 pelatih SSB.

Reporter : Bulan

Editor      : Firman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *