Bupati Garut Apresiasi Inisiatif Kades Wanakerta Cibatu Bangun Komunal Septictank untuk Warga

SEPUTAR GARUT1,031 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Warga Kampung Sukamanah, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, kini bisa bernapas lega, karena saat ini lingkungannya akan terhindar dari pencemaran lingkungan. Inisiatif cerdas dari sang Kepala Desa untuk warga masyarakat yang dipimpinnya saat ini, Yani membuat septic tank komunal yang berukuran besar dan dapat dipergunakan bertahun-tahun.

Kepala Desa (Kades) Wanakerta, Sunarkawan, mengatakan, septic tank komunal yang dapat menampung limbah kotoran, pekan ini sudah selesai dibangun dan bisa dipergunakan 333 Kepala Keluarga di kampung tersebut dan tak lagi bingung membuang kotoran, apalagi warga selama ini pembuangannya ke sungai.

“Saat ini Pemerintah Desa Wanakerta sedang menyiapkan pipanisasi saluran limbah dari rumah warga ke Septic tank komunal,” ucap Kades, Rabu (15/01).

Ia juga menjelaskan, sempitnya lahan dan besarnya biaya yang menjadi alasan warga untuk pembuatan septic tank. Sehingga pembuangan limbah atau kotoran dilakukan warga ke selokan yang mengalir melintasi pemukiman menuju sungai dan pesawahan. Hal tersebut yang menginisiasi Kepala Desa Wanakerta Sunarkawan, membangun Septic tank komunal.

“Saya sengaja berinisiatif untuk membangun septic tank komunal ini, ini demi kesehatan warga masyarakat Desa Wanakerta khususnya, dari pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah atau kotoran,” kata Sunarkawan.

Ia juga berharap, setelah dibangunnya septic tank komunal ini warga masyarakat juga sadar akan kesehatan dan ada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Langkah Kades Wanakerta ini pun di apresiasi Bupati Garut H Rudy Gunawan, yang mengatakan, merupakan langkah cerdas dari Kepala Desa seperti ini patut dicontoh oleh Kepala Desa yang lainnya.

“Langkah yang sangat cerdas sekali, saya sangat apresiasi atas terobosan pembangunan yang dilakukannya,” kata Rudy Kepada wartawan. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *