Anggota DPRD Garut Dapil II Ini Desak Pemkab Perbesar Saluran Air Mengatasi Banjir Leles

SEPUTAR GARUT1,067 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Anggota DPRD Garut Dapil II dari Fraksi Golkar, Deden Sofyan, SH.I, mendesak Pemkab Garut segera memperbesar saluran air di sekitar pabrik Changsin, Kec. Leles Kab. Garut.

Deden Sofyan yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Garut ini, Jumat (17/1/2020), melalui sambungan telepon, mengatakan, memang setiap turun hujan dengan curah tinggi di wilayah tersebut selalu banjir. “Yang terjadi kemarin (Kamis, 16/1/2020) agak parah sampai masuk ke lingkungan penduduk di Komplek Griya Leles,” katanya.

Dijelaskan Deden, tahun 2019 juga terjadi banjir serupa sampai merusak hotmix jalan di sekitar Changshin. Pada saat itu, Bupati Garut turun meninjau ke lapangan. Bahkan berjanji tiga bulan akan diselesaikan.

“Karena hasil evaluasi dinas teknis bahwa penyebabnya saluran air pembuang yang kecil, sehingga tidak bisa menampung air yang mengalir baik dari pabrik maupun tambang,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Deden, juga kurangnya penghijauan di wilayah terdampak oleh industri. Banjir yang kemarin terjadi cukup besar dan penyebabnya masih sama. Tapi kendalanya tidak diselesaikan yaitu pembangunan saluran air yang mesti diperbesar.

“Yang kesekian kalinya saya sarankan kepada Pemda cepat selesaikan agar kejadian bencana banjir tidak terus terjadi dan masyarakat sekitarnya tidak dirugikan. Ingat, musim hujan baru mulai dan ke depan masih mungkin curah hujan yang tinggi bisa terjadi,” pungkasnya.

Reporter : Bulan

Editor      : Firman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *