Wakil Bupati Garut Resmikan Gebyar Penanaman 50 Ribu Pohon dan Buah-Buahan

FOKUS994 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Garut dr Helmi Budiman, secara resmi membuka acara Gebyar Penanaman 50.000 Pohon tanaman kayu dan buah-buahan, di Kampus STAI Siliwangi Jalan Raya Tutugan Leles Kabupaten Garut, Rabu (15/01). Usai penanaman ia menyampaikan, bahwa Kabupaten Garut adalah daerah Konservasi, daerah lindung yang harus mendapatkan perhatian terutama reboisasi penghijauan, termasuk pada hari ini melaksanakan penghijauan atau reboisasi di daerah Leles ini.

“Pada hari ini akan ditanam sekita 20.000 pohon, oleh seluruh elemen yang ada di wilayah Leles ini, melibatkan juga unsur LSM dan masyarakat setempat,” ujar Helmi Budiman.

Hal ini, lanjut Helmi, akan menguatkan daerah konservasi di daerah tersebut, karena di Leles sendiri ada daerah tambang dan industri, maka dari itu daerah konservasinya harus kuat dan utuh.

“Untuk pengawasan tanaman sendiri, kalau wilayah kehutanan ada Perhutani dan Badan Konserpasi Sumber Daya Alam (BKSDA), nah kalau di masyarakat kita membuat fakta integritas, dan terutama disini ada penggerak yakni LSM Rakyat Garut Berdaulat (Ragab),” ujarnya.

Wabup juga menjelaskan, untuk kehutanan wilayah sekarang wilayahnya Provinsi, tetapi sebagai informasi Kabupaten Garut ini sebelum urusan kehutanan ke Provinsi, Garut menjadi juara pertama Se-Indonesia dalam hal penghijauan di tahun 2016, dan untuk sekarang kewilayahan kehutanan sudah diserahkan ke Provinsi, pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *