Wujudkan Lingkungan Bersih dan Antisipasi Banjir, Pemdes Cibodas Cikajang Laksanakan Kerja Bakti

SEPUTAR GARUT1,142 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kerja Bakti dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih dari sampah dan mengantisipasi terjadinya sumbatan saluran air akibat sampah, dilakukan oleh Pemerintah Desa Cibodas bersama unsur pemerintah lainnya. di perbatasan Desa Cikajang dan Desa Cibodas Kampung Peuntas, Jalan Sodong, Desa Cikajang – Cibodas, Kecamatan Cikajang. Kamis (09/01).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Cikajang Undang Saripudin S Sos M Si, Kepala Desa Cibodas Aip SHI, Tokoh Pemuda Dede Meki, Babinsa, Serda M Nur Angkotasan, Bhabinkamtibmas Bripka Yudiana, RT, RW, serta puluhan warga masyarakat setempat.

Usai menghadiri acara kerja bakti, Camat Cikajang Undang Saripudin S Sos M Si, menuturkan, bahwa kegiatan seperti ini sudah menjadi kewajiban selaku pemerintah kecamatan, juga Unsur Muspika dan Pemerintahan Desa.

“Ini merupakan salah satu tugas kita pemerintah kecamatan dan Muspika Kecamatan serta Kepala Desa. Oleh karena itu kita berkoordinasi dengan Kepala Desa untuk melakukan pembersihan sampah di sepanjang jalan ini, yang memang mengganggu keindahan,” tutur Undang.

Ditambahkan Undang, untuk mengangkut sampah yang ada, karena di Cikajang memiliki armada Dump Truk bantuan Pemerintah Kabupaten Garut, sampah akan langsung di angkut ke Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Pasir Bajing.

Sementara Kepala Desa Cibodas Sip SHI, mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih dari sampah, dan juga sebagai tindak lanjut atas himbauan dari kepala BNPB, yang mana dalam himbauannya mengajak dan meminta agar semua warga menggunakan waktu untuk melakukan pembersihan got, gorong-gorong, selokan dan yang lainnya. Semua unsur Kelurahan dan Desa hingga RT, RW, diharapkan menjadi ujung tombak menggerakan warga.

“Saya menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan yang akan mengganggu keindahan jalan. Diharapkan masyarakat bisa memilah jenis sampah. Sampah plastik yah lebih baik dibakar saja, daripada dibuang sembarangan kan sampah plastik itu susah untuk hancurnya,” beber Aip. Aip.

Aip juga berencana, bersama Ketua RW dan Tokoh Pemuda setempat, akan memasang banner pengumuman di titik-titik yang biasanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Dengan tujuan agar masyarakat tidak membuang kembali sampah di daerah tersebut. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *