Ini Sosok Pelatih Kiper AGU yang Sarat Pengalaman

MENARA GARUT1,333 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tim pelatih Akademi Garut United (AGU) dihuni sosok-sosok mumpuni. Di posisi pelatih kiper, terdapat nama Toha, mantan kiper Persib Selection tahun 1994. Tangan dinginnya dari kursi pelatih kiper telah turut mengantarkan Persitas Tasikmalaya ke pentas Liga 3 Nasional 2019.

Kiprahnya di dunia sepakbola dimulai tahun 1989 saat bergabung PS Siliwangi, klub anggota Persib. Tahun 1990, mulai menetap di Bandung karena harus tinggal di mes. Berseragam PS Siliwangi, ia mengikuti kejuaraan antarklub Persib Usia 23. PS Siliwangi menjadi juara dengan mengalahkan PS Djarum Super yang dilatih Marek Jonata. Atas penampilan apiknya bersama PS Siliwangi itu, Toha kemudian dipanggil untuk memperkuat Persib 23.

Tahun 1994, karir Toha kian melejit tatkala dipanggil untuk memperkuat Persib Selection, persiapan Liga Indonesia. Tetapi setelah tour Jawa-Sumatra, kemalangan menimpa dirinya saat melawan PSIS Semarang di Jogyakarta. Pria yang akrab disapa Bung Toha ini mengalami cedera lutut akibat berbenturan dengan tiang gawang, Ia pun diistirahatkan selama setahun dan akhirnya tercoret dari skuad Persib.

Kini, Bung Toha bergabung di Akademi Garut United bersama para pelatih lainnya untuk mengasah talenta-talenta sepak bola Kabupaten Garut khususnya untuk mencetak kiper handal. Dengan segudang pengalamannya itu, tentu akan menjadi awal yang baik untuk persepakbolaan Kota Intan bersama Akademi Garut United.

Reporter : Bulan

Editor      : Firman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *