Ini Beda Penanganan Banjir Jakarta dan Jabar

SEPUTAR JABAR643 views

HARIANGARUTNEWS.COM – DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) sama-sama tengah didera bencana banjir. Menurut Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil, dicuplik dari antaranews.com Sabtu (4/1/2020), penanganan banjir oleh Pemprov Jabar berbeda dengan penanganan banjir oleh Pemprov DKI Jakarta.

Menurutnya, perbedaan mendasar dalam penanganan bencana di DKI Jakarta dan Jawa Barat adalah adanya kewenangan otonomi daerah. “Bedanya DKI Jakarta dengan Jawa Barat ialah kalau di DKI itu gubernur bisa langsung ke teknis, kalau di Jawa Barat teknis itu adanya di bupati dan walikota. Sehingga saya itu tidak bisa semata-mata langsung begitu saja tanpa permisi dulu,” ujar Emil, begitu sapaan populernya.

Oleh karena itu, kata Gubernur, jika terjadi dinamika di daerah Jabar termasuk masalah bencana bupati atau wali kota yang punya kewenangan lebih dahulu.

Apabila upaya dirasa belum maksimal, lanjut Gubernur Jabar itu penanganan dilakukan berjenjang dari pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat atau Presiden.

“Sehingga memang itu suka dibanding-banding ya, saya kira tidak perlu ya, kita berpikir bijak dan arif yang penting kita fokus ” kata dia.

“Dalam situasi ini kita tidak usah saling menyalahkan, kita melihat dinamika persepsi satu sama lain didominasi oleh saling menyalahkan kepada siapapun. Menurut saya kita fokus pada situasi tanggap darurat,” lanjut  Emil.

Sumber : antaranews.com

Editor    : Firman Lutfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *