Lima Daerah di Jabar Ditetapkan Tanggap Darurat Banjir

FOKUS, SEPUTAR JABAR1,368 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020, lima daerah di Jawa Barat ditetapkan berstatus tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor. Surat penetapannya sudah ditandatangani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis (2/1/2020).

Dengan penetapan status tanggap darurat tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan mengirimkan bantuan untuk warga terdampak.

“Dengan adanya surat penetapan tanggap darurat maka kita akan mengirimkan bantuan. Mungkin total Rp5-6 miliar kepada daerah-daerah tersebut untuk melakukan recovery dan pertolongan tanggap darurat,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (3/1/2020), dilansir dari cnnindonesia.com.

Menurutnya, secara umum banjir di Jawa Barat merupakan bagian dari musibah yang lumrah terjadi di seluruh Indonesia. “Karena memang catatan dari BNPB dan BMKG, beberapa hari terakhir adalah curah hujan terekstrem sejak 2007. Jadi dari 12 tahun ini paling tinggi disebut hujan yang besar sekitar 100 mm, di Halim itu 377 mm,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Emil–begitu sapaan akrabnya, pertahanan sistem yang seharusnya sudah bisa mengantisipasi bencana banjir mengalami banyak kendala.

Ia pun meminta berbagai pihak untuk tidak saling menyalahkan atas kondisi saat ini. Dia melihat saat ini dinamika persepsi banjir masih didominasi saling menyalahkan kepada siapapun. “Menurut saya kita fokus pada situasi tanggap darurat,” tegasnya.

Sumber    : cnnindonesia.com

Editor       : Firman Lutfi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *