Garut Miliki Command Center dan Aplikasi Layanan Smart City

FOKUS, SEPUTAR GARUT2,915 views
HARIANGARUTNEWS.COM – Command Center Garut dan Aplikasi Layanan Smart City Garut, secara resmi beroperasi, ditandai dengan penekanan tombol dan gunting pita oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH MP, Selasa (31/12) di gedung Pendopo Kabupaten Garut. Bupati mengatakan, keberadaan Command Center di kabupaten Garut menjadi titik awal bagi pengembangan informasi yang baik, kemajuan teknologi akan memberikan dampak masyarakat akan lebih tahu semua hal.
“Kelemahan kita pun orang juga akan tahu, tanpa rekayasa, dan itu harus kita sikapi bersama,” ujar Rudy.
Rudy juga menjelaskan, yang menjadi harapannya, keberadaan Command Center dan Videotron yang saat ini diresmikan dapat bermanfaat dan meningkatkan kemajuan di kabupaten Garut.
“Aplikasi ini bisa terjangkau oleh semua kecamatan, sehingga informasi terkait apapun dapat dilihat dan dibaca oleh warga masyarakat Garut tanpa kecuali,” jelas Rudy.
Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, H Muksin, menyampaikan pemaparan, pembangunan Command Center Garut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019. Selain Kabupaten Garut yang telah mendapatkan Banprov ini,  juga terdapat tiga kabupaten di Jawa Barat antara lain Kabupaten Cirebon, Kabupaten lndramayu dan Kabupaten Pangandaran.
“Gedung Command Center Garut adalah   sebuah ruangan sebagai pusat visualisasi    dan   integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.” jelasnya.
Keberadaan Command Center, kata Muksin, sangat strategis karena menjadi lokasi untuk koordinasi antara Pemerintah Provinsi Jawa  Barat dengan kabupaten, serta sebaliknya  untuk memperoleh informasi lengkap sehingga dapat mengambil keputusan strategis atas segala permasalahan yang muncul.
“Penyediaan Command Center selain untuk membantu kinerja pemerintah, juga harus dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat, kemudahan itu paling tidak dalam bentuk penyediaan informasi yang lengkap dan akurat yang dibutuhkan masyarakat selama ini” tuturnya. (Tresiyana)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *