Hadapi Era Industri 4.0, Bank bjb Garut dan Kadin Gelar Seminar untuk UMKM

FOKUS1,445 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tak kurang dari 178 orang pelaku usaha UMKM Garut mengikuti seminar kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Bank bjb Cabang Garut, bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Indusrti (KADIN) Kabupaten Garut dan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut di Ruang Pertemuan Lt.3 bank bjb Jl. A. Yani No.38 Garut, Senin (9/12).

Seminar dengan tema “ Langkah Jitu UMKM Garut Dalam Menghadapi Industri 4.0 ” dibuka langsung bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH,MH, MP, dihadiri Ketua Kadin Garut, H. Deden Sopyan, Kepala Cabang bjb Maman Rukmana, CEO Regional 3 bank bjb Nunung Suhartini.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan ada banyak hal yang perlu disiapkan pelaku usaha mikro dalam mengarungi dunia usaha di era industry 4.0, untuk itu para pengusaha didorong untuk dapat memanfaatkan social media sebagai platform pemasaran dalam rangka meningkatkan pendapatan, salah satunya dengan pembekalan materi dari beberapa pembicara dari kalangan praktisi.

”Silahkan mendengarkan paparan dari para nara sumber yang akan memberikan sumbangsih bagaimana kita melaksanakan usaha yang transaksinya sudah berteknologi tinggi. Kegiatan ini dapat memberikan peluang yang sangat baik bagi pelaku UMKM yang ada di kabupaten Garut untuk mengetahui kiat-kiat mengembangkan usahanya ”, ujar Rudy.

Sementara Ketua Kadin Garut, Deden Sopyan, mengatakan kegiatan seminar ini berdampak positif bagi pelaku usaha UMKM mengingat tantangan besar yang dihadapi oleh UMKM harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Perlu langkah-langkah strategis dalam mengembangkan usahanya. “Disinilah peran Kadin dan bank bjb juga pemerintah daerah turut mendorong kemajuan masyarakat pelaku usaha khususnya UMKM, agar mampu bersaing dan berinovasi di era digital ini”, katanya.

Adapun, Deni Mulyadi Pimpinan Divisi Kredit UMKM bank bjb menyampaikan, 4.0 ini merupakan salah satu era digital ini sangat penting untuk sikapi, sebagai upaya meningkatkan pelaku usaha di kabupaten Garut. Bank bjb bersama-sama pelaku UMKM di Jawa Barat memberikan pemahaman bagaimana literasi ini harus sampai ke masyarakat dan jasa-jasa perbankan yang menunjang pengembangan usaha bagi warga masyarakat. ”Salah satu Jasa Perbankan yang ada di bjb adalah program ”PESAT” yaitu pemberdayaan masyarakat ekonomi terpadu, dimana kita bukan saja memberikan jasa pinjaman, tetapi sebelumnya memberikan pelatihan dan pembinaan bagaimana cara mengelola keuangan keluarga”, terangnya.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, M. As‘adi Budiman, menambahkan bank bjb memberikan dorongan penuh pada para pelaku usaha mikro untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi usaha mereka guna menghadapi persaingan yang ketat ditengah derasnya arus perubahan teknologi. “Bank bjb senentiasa berkomitmen mendukung perkembangan UMKM di berbagai daerah. Kami percaya keberadaan UMKM dan perkembangan usaha daerah akan memberi domino. Karena dasarnya dunia usaha akan menciptakan banyak ruang dan kesempatan sebagai pembuka pintu masuk terciptanya kesejahteraan masyarakat lewat pendongkrakan kemampuan ekonomi warga. Diharapkan dengan seminar ini menjadi pemicu bagi para pelaku usaha, agar dapat dipraktekan secara langsung demi mempermudah pencapaian target bisnis di era industry 4.0 ini”, katanya.

Seminar yang berjalan hidmat dan sangat diantusiasi para peserta, karena para pemateri Dr. Ir. H. Tendy Kusmayadi, MP dan Santi Rosmala merupakan para pakar yang energik dan berpengalaman di bidangnya masing-masing.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Materi yang disampaikan memberi ide serta motivasi, agar kedepan pelaku usaha kecil harus mampu bersaing memanfaatkan teknologi digital saat ini”, ujar Dudi salahsatu peserta seminar. (Bulan/Hus)**

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *