Terkait DOB : Taufik Hidayat Garut Layak Di Bagi Tiga

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,436 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pengurus Komite Percepatan Pembentukan DOB Kabupaten Limbangan Garut Utara (KPP DOB KLMBG) gelar rapat harian, Sabtu (07/12) malam, di kediaman Rd H Holil Aksan Umar di Kampung Cijambe Kecamatan Bl Limbangan, Kabupaten Garut. Hadir Ketua Umum Rd H Holil Aksan Umar Zen, Sekretaris Umum Taufik Hidayat, Bidang SDM Imron Abdul Rojak dan pengurus harian lainnya, Aep Saepudin, Dede Nurochim, Uu Amarullah, Tatang Hidayat, Dadang Kurnia, Agus Kusaeri, Apri serta Aas Syafii.

Pengurus PM GATRA Bidang SDM Imron Abdul Rojak, memimpin rapat langsung dengan memberikan prolog seputar sejarah perjuangan PM GATRA dalam pengusungan pembentukan Kabupaten Garut Utara ke DPRD Garut sejak bulan Januari 2012 yang lalu.

Ketua Umum KPP DOB KLMBG, Rd H Holil Aksan Umar Zen, dalam paparannya sedikit mengulas kebelakang terkait perjuangan pengusungan DOB Gatra darintahun 1912.

“Saya secara pribadi, banyak menambah ilmu dan pengalaman yang luar biasa serta menambah persaudaraan diantara para aktivis pergerakan, LSM, birokrat, pejabat dan para tokoh alim ulama baik di Kabupaten Garut dan Provinsi Jawa Barat,” ucap H Holil.

Dikatakan H Holil, ini adalah peluang bagi Kabupaten Garut untuk dimekarkannya menjadi tiga DOB yakni Kabupaten Garut Selatan, Limbangan dan Kota Garut. Ia juga mengaku selaku Ketua PM Gatra, sekarang mendapat kepercayaan masuk sebagai pengurus di FORKODA JABAR dan Dewan Penasihat FORKONAS, yang menangani khusus masalah pembentukan dan pemekaran DOB di Jawa Barat yang telah mendapat dukungan moril dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang berkomitmen agar Provinsi Jabar memiliki 42 Kabupaten dan Kota.

Untuk percepatan pembangunan, kata Holil, Gubernur M Ridwan Kamil di Jawa Barat ini ingin ada 42 DOB, sehingga Jabar tidak ketinggalan oleh Jawa Timur dan Jawa Tengah yang Kabupaten dan Kotanya lebih banyak, sehingga kue pembangunannya lebih besar sehingga anggaran pusat akan lebih banyak terserap oleh kedua Provinsi ini daripada Jawa Barat. Sementara kalau dihitung dari jumlah penduduknya Jawa Barat paling banyak penyumbang pajaknya. Ungkapnya penuh diplomasi.

“Sekarang Kran sudah dibuka langsung oleh Gubernur dan DPRD Jabar, Maka dokumentasi-dokumentasi pengajuan DOB GATRA harus terarsipkan. Setiap ada rapat harus ada resume hasil rapat, Gubernur sudah mendukung pemekaran, sayang kalau tidak disambut positif oleh Pemkab. Garut,” kata Holil.

Ditegaskan H Holil, pihak Provinsi siap menganggarkan 50% untuk proses percepatan pembentukan DOB, sisanya 50% lagi harus dianggarkan oleh Kab./Kota yang mengajukan DOB. Maka dari itu berita acara Forkoda Jabar harus bisa di singkronkan dengan kegiatan KPP DOB KLMBG, semua persyaratan yang diminta oleh UU tentang DOB harus dilengkapi, demikian pula untuk anggarannya harus dipenuhi.

“Kalau sampai terbentuk DOB maka yang diuntungkan adalah Parpol, dimana kadernya bisa nyalon Bupati, Wakil Bupati dan anggota Dewan, saya mah cuma penggagas saja, sebatas menanam padi maka yang akan panennya nanti adalah anak cucu kita,” Sahut Ketua IPHI Jabar penuh bijaksana.

Sementara, Sekretaris Umum KPP DOB KLMBG, yang juga anggota DPRD Garut Fraksi PAN, Taufik Hidayat, tetap suport walaupun dari belakang dan melakukan loby-loby politik dengan anggota Dewan lintas partai dan mereka sepakat mendorong DOB. Ia juga meminta permohonan maaf selama 3 bulan kurang aktif karena lagi sibuk-sibuknya pekerjaan yang harus diselesaikan selaku anggota DPRD yaitu pembahasan APBD Garut.

“Peluang Gatra sangat diuntungkan karena merupakan daerah kawasan industri dan akan dibangunnya jalan tol, sehingga roda perekonomian akan semakin pesat di Garut Utara. Memang betul, kalau terjadi pemekaran maka yang di untungkan adalah parpol sehingga bisa nyalon Bupati, Wabup dan anggota Dewan. Bahkan dalam Nota jawaban Bupati Garut seputar dengan RPJMD, Beliau menjawab dalam rapat paripurna, kedepan Kabupaten Garut harus dimekarkan,” bebernya.

Taufik sangat optimis Aspirasi DOB Kabupaten Limbangan akan terwujud sehubungan ada 3 Pimpinan DPRD yang berasal dari Gatra atau Dapil 2, dan ia sendiri di Banggar siap berjuang untuk penganggaran lewat APBD Garut.

“InsyaAllah kalau kita kompak dan semua persyaratan terpenuhi maka tidak alasan bagi Bupati Garut untuk tidak memberikan rekomendasi pembentukan DOB Kab. Limbangan ke Gubernur dan DPRD Jabar,” Pungkasnya. (Daus)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *