Pokdar Kamtibmas Polda Jabar Gelar HUT Ke-XIV

SEPUTAR JABAR2,255 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Melalui tema “Dengan HUT FKPM dan Pokdar Kamtibmas Kita Tingkatkan Membangun Kemitraan dan Kepercayaan dalam Rangka Meningkatkan Harkamtibmas”, perayaan Hari Ulang Tahun Ke XIV Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Polda Jabar berlangsung sangat meriah.

Kegiatan HUT yang diselenggarakan di Aula Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani No. 282 Bandung, Sabtu (07/12) terdebut diisi dengan berbagai rangkaian acara. Mulai dari pembacaan ayat suci Al-quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars FKPM, Mars Pokdar Kamtibmas, penyerahan penghargaan kepada jajaran pengurus Polda Resor, sambutan-sambutan hingga hiburan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Polda Jabar, Tubagus D Rasmayuningrat menyempatkan diri untuk menyampaikan sejarah singkat berdirinya Pokdar. Berdirinya Pokdarkamtibmas, kata dia, adalah atas dasar Skep Kapolri Nomor : SKEP/661/XI/1992 Tanggal 26 November 1992 Tentang Pembentukan Pokdar Kamtibmas, Skep Kapolri Nomor : SKEP/831/XI/2005 Tanggal 25 November 2005 Tentang Pembinaan Pokdar Kamtibmas dan terakhir ST Kapolri Nomor : ST/2492/IX/HUK.5/2019 Tanggal 18 September 2019 Tentang Pembentukan Pokdar Kamtibmas.

“Pokdar memiliki prinsip melayani dengan hati nurani. Polisi dan Pokdar ini memiliki tujuan yang sama. Pada HUT yang ke-XIV ini, kami Pokdar Kamtibmas akan terus membantu tugas-tugas Polri dan memberikan pelayanan yang terbaik dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Pokdarkamtibmas juga tentunya mempunyai Visi, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan Masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas,” ucapnya, dengan disambut tepuk tangan para hadirin.

Lanjutnya, bahwa pengurus Pokdar Kamtibmas Tingkat Polda, Resor dan Sektor yang ada di Jawa Barat akan bersama-sama dengan pihak Kepolisian mengadakan Operasi Yustisi, Operasi Cipta Kondisi, melaksanakan penertiban dan pengamanan di hari-hari besar nasional. Tubagus juga tak luput mengucapkan terima kasih kepada Dit Binmas Polda Jabar, dimana selalu memberikan pembinaan dan ide yang membangun.

Mewakili Dir Binmas Polda Kabar, Kasi Bin Orsosmas Kompol Bobby Indra P, SH SIK MH mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Pokdarkamtibmas. Menurutnya, keberadaan Pokdar sangat membantu pihak Kepolisian. Dia mengatakan, saat ini sinergitas antara Polri dan Pokdar Kamtibmas yang ada sudah sangatlah baik. Dimana dalam setiap kegiatan pengamanan selalu bekerja sama dalam menciptakan keamanan di wilayah, ucapnya.

“Saya sangat mengapresiasi, bukan karena ini acara Ultah saja, tapi saya merasa haru atas peran serta dukungan Pokdar Kamtibmas selama ini yang sangat maksimal mendukung Polri dalam menjaga kondusifitas di setiap wilayah masing-masing. Ini potensi, bisa diberdayakan oleh Polri dalam membantu tugas-tugas. Paling tidak upaya preventif, pencegahan atau memberikan informasi, dan upaya kerjasama antara Polri dengan Pokdar mana kala di daerah tersebut ada gangguan,” terang Bobby.

Selain dihadiri oleh Kasi Bin Orsosmas Kompol Bobby Indra P, SH SIK MH, HUT tersebut juga dihadiri oleh Kasat Sabhara AKBP Drs Sitorih SST MK, Kanit Bin Polmas Polrestabes Bandung, Iptu Iyep Sunaryan didampingi Kasubnit II Aiptu Ali Susanto, sesepuh FKPM AKBP (Purn) Dedi SP, serta undangan pengurus Pokdar Kamtibmas dan FKPM dari Kab/Kota Se-Jawa Barat. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *