Di Cikajang Garut, Antisipasi Bencana 1.000 Pohon Ditanam di Bantaran Sungai Ciharus

SEPUTAR GARUT1,550 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemerintah Desa Girijaya bersama Forkopimcam Cikajang bekerjasama dengan Yayasan Citra Bina Bangsa, lakukan pembersihan sampah dan penanaman pohon di bantaran sungai Ciharus, Desa Girijaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jum’at (06/12). Hadir dalam kegiatan Camat Cikajang Rahmat Alamsyah S Sos, Kapolsek Cikajang Iptu Amat Rahmat, UPT Dinas PUPR Mulyadi SIP, Kepala Desa Girijaya Dada Armada, Ketua Yayasan CBB Uun Frinawati S Sos dan warga masyarakat Desa Girijaya.

Kepala Desa Girijaya, Kecamatan Cikajang, Dada Armada, mengatakan, kegiatan bersih bersih bersama dengan pihak NGO, dalam rangka untuk memotifasi khusus warga Desa Girijaya, dengan melakukan pembersihan sungai dan simbolis penanaman 1000 pohon di bantaran aliran sungai Ciharus. Yang mana sungai ini merupakan penyangga sungai Cibarengkok.

“Kegiatan ini meliputi dua wilayah Rukun Warga 03 dan 09, sepanjang 1,8 KM. Tadi dalam kegiatan kurang lebih 100 orang warga masyarakat yang ikut serta dalan kegiatan ini,” Ujar Dada, Jum’at (06/12).

Sementara Camat Cikajang, Rahmat Alamsyah S Sos, menuturkan, kegiatan penghijauan plus gerakan kerja bakti membersihkan hulu sungai ini sesuai intruksi pak Bupati, terkait antisipasi dengan datangnya musim penghujan agar tidak terjadi banjir longsor. Selain itu juga untuk kebersihan lingkungan khususnya aliran sungai.

“Alhamdulilah bersama dengan Pak Kapolsek, pak Danramil pak Kades Girijaya, RT, RW, masyarakat serta keterlibatan Yayasan Citra Bina Bangsa, gerak bersama sama. dan lagi dukungan Dinas PUPR Garut. Kegiatan ini juga di hadiri oleh para UPTD dan staf lainnya, termasuk kami pun di Kecamatan menggerakan seluruh komponen para Kasi dan staf, juga menggunakan armada kebersihannya,” beber Rahmat.

Camat mengaku, akan terus bahu membahu dengan masyarakat di Kecamatan Cikajang, mulai dari Desa Mekarjaya, Mekarsari dan hari ini melaksanakan Jumsih di Desa Girijaya.

“Mudah-mudahan gerakan ini di tindaklanjuti oleh masyarakat, disamping sanitasi lingkungan, memang itu sangat menunjang untuk kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *