Total Dukung Baznas, Bupati Garut Terima Penghargaan Tingkat Pemprov

FOKUS836 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut dan Walikota Banjar, Bupati Bandung, dan Walikota Depok meraih penghargaan “Baznas Award” Pendukung Pengelola Zakat terbaik Se-Provinsi Jawa Barat. Dari Kabupaten Garut, penghargaan diterima langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH yang diserahkan oleh Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat Dr H Arif Ramdani MH di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin (02/12).

Bupati Garut mengatakan, sebagai kepala pemerintahan Kabupaten Garut tentunya, mengucapkan syukur Alhamdullilah dengan meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat. Ini juga, kata Rudy, merupakan hasil kerjasama antara pemerintah dan masyarakat Kabupaten Garut.

“Ada empat kepala pemerintahan Kabupaten yang mendapat penghargaan “Baznas Award”, yaitu Garut, Banjar, Bandung dan Depok. Ternyata dari beberapa kepala daerah Se-Provinsi Jawa Barat hanya ada dua Kabupaten yang mempunyai peran terhadap Baznas. Saya berharap bahwa hal ini akan digunakan dengan akuntabel nanti, saya hanya memberikan dorongan regulasi saja, untuk mendorong baik, lewat surat apa pun kepada para pengusaha pengusaha di Garut,” ucapnya.

Bupati menambahkan, mudah-mudahan kedepan lebih baik lagi. Potensi dari ASN itu, kata dia, kalau dihitung sekitar Rp1,2 triliun kali dua persen, namun sekarang juga sudah cukup bagus berarti tinggal ke SKPD-SKPD lain yang mungkin belum melakukan pembayaran zakat.

Sementara itu, menurut Ketua Baznas Kabupaten Garut H. Rd Aas Kosasih S Ag M Si mengatakan, pihaknya merasa bangga Bupati Garut telah mendorong kebangkitan zakat di Kabupaten Garut. Sebetulnya, kata Aas, Garut itu sudah lama sama halnya dengan kabupaten lain, tetapi riak- riak gerakannya mulai pada bulan Oktober 2016. Baznas Garut, kata Aas, masuk 2 nominasi pertama Kategori Pengelolaan Website dan medsos terbaik dan Kategori Operasional Kelembagaan Terbaik.

 

“Jadi Baznas di kita baru umur tiga tahun. Namun hari ini kita sudah mendapatkan sebuah penghargaan dari “Baznas Award” Tingkat Provinsi Jawa Barat. Baznas Garut sendiri Alhmadullillah juga mendapatkan penghargaan walau hanya masuk dalam katagori lima nominasi dibandingkan kabupaten lain yabf sudah hampir dua periode, wajar Garut baru usia tiga tahun bisa masuk nominasi, ini yang saya banggakan,” ujar Ketua Baznas Garut.

Lebih bangga lagi, lanjut Aas, ketika Bupati Garut dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah yang mendorong kebangkitan zakat. Mudah-mudahan dampaknya para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Garut maupun juga para akademisi sebagai muzaki bisa seterusnya berzakat kepada Baznas.

“Kedepannya kita akan lebih memperkuat sektor-sektor pengumpulan maupun dalam hal pendistribusian dan pendayagunaan khususnya. Insya Allah kami akan menciptakan sesuatu yang baru tentang Zakat, mudah mudahan di bulan Desember ini bisa terealisasi untuk memberikan contoh yang terbaik demi umat,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *