Sebesar Rp 25 Miliar untuk Masjid, Janji Kampanye di RPJMD Garut 2019-2024

FOKUS1,736 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM Daerah) merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP Daerah) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM Nasional).

RPJM Daerah memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah, lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah, dan program kewilayahan disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Di rancangan akhir rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut Tahun 2019-2020, sejumlah janji kepala daerah dan wakil kepala daerah akan terealisasikan. Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pemkab Garut, Widiana. Katanya, RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang didalamnya termuat janji-janji kampanye yang ditawarkan ke masyarakat.

“Sesuai visinya, Garut yang bertaqwa, maju dan sejahtera, di RPJMD dipersiapkan  Rp 25 miliar bantuan sarana dan prasarana untuk 5000 masjid, juga Rp 15 miliar bantuan sarana dan prasarana pesantren salafiah, insentif guru ngaji sebesar Rp 5 miliar, optimalisasi gerakan maghrib mengaji dan optimalisasi peran lembaga pendidikan keagamaan. Itu semua perwujudan dari masyarakat bertaqwa”, terang Widi di kantornya beberapa waktu lalu.

Gerakan besarnya, lanjutnya lagi, peningkatan kehidupan keagamaan ketentraman dan ketertiban. Selain insentif guru ngaji, bantuan sarana dan prasarana keagamaan, gerakan embun pagi artinya semua siswa muslim tingkat SD dan SMP melaksanakan mengaji dan sholat dhuha bersama, gerakan magrib mengaji seluruh mesjid melaksanakan aktivitas mengaji gerakan subuh akbar berjamaah seluruh mesjid besar dan mesjid agung melaksanakan subuh akbar, gerakan membangun nuansa akhlakul karimah dan gerakan kesadaran masyarakat terhadap zakat, infak dan sodaqoh.

“Adapaun gerakan besar lainnya terkait penurunan angka kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja, pemerintah daerah menyiapkan  bantuan renovasi 15.000 rumah tidak layak huni, Penyerapan Tenaga Kerja 27.000 orang melalui penempatan tenaga kerja dan penyebarluasan  kesempatan kerja melalui program kerja sementara sistem padat karya, penyaluran Kartu Garut Cerdas 50.000 siswa miskin, penyelenggaraan Isbat nikah bagi keluarga miskin, gerakan pelayanan KB gratis bagi keluarga miskin kontrasepsi metode jangka panjang sebanyak 60.000 akseptor dan Bantuan modal bagi usaha mikro”, ujar Widi. (Bulan)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *