Lantik 89 Kades, Bupati Garut Minta Optimalkan Pajak Daerah

FOKUS1,617 views

HARIANGARUTGARUTNEWS.COM – Sebanyak 89  kepala desa secara serentak dilantik oleh Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH di Lapangan Setda Kabupaten Garut, Senin (02/12). Karena Pilkades 2019 digelar secara serentak, pelantikan kelapa desa terpilih pun dilakukan secara serentak. Sebanyak 89 kepala desa terpilih berjajar rapi, dan lalu mengikuti pelantikan. Mereka memakai pakaian dinas harian (PDH) seragam berwarna putih.

Sebelum melantik ratusan kepala desa itu, Bupati Garut membacakan teks sumpah jabatan kepada kepala desa terpilih. Selain itu, Rudy Gunawan juga menyematkan pin kepada salah satu perwakilan kepala desa terpilh dan diikuti kepala desa lainnya.

Dalam sambutannya, Rudy berharap kepada kepala desa terpilih agar bisa memajukan desanya, mengoptimalkan pajak, memanfaatkan dana desa sebaik mungkin dan menciptakan lapangan pekerjaan melalui BUMDes. Kades yang dilantik, imbuh Rudy, bisa segera bekerja sesuai dengan program kerja yang telah disusun, juga lebih berfikir inovatif dalam mengangkat potensi desa setempat.

“Sesuai peraturan, Kepala Desa akan menjabat hingga enam tahun mendatang, untuk itu segera lakukan tugas sesuai programnya masing-masing. Saya juga minta lebih inovatif, dan angkat potensi desa. Anggaran dana desa tambah besar, baik dari DD maupun ADD, akurasi penggunaan anggaran harus sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Garut.

Rudy mengungkapkan, pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Garut aman dan tentram. Momentum ini harus menjadi awal titik pengabdian bagi para kepala desa di wilayahnya masing-masing.

“Desa harus memiliki peran terdepan ketatanegaraan pemerintahan di Kabupaten Garut. Desa terdepan daripada kebijakan negara, sehingga kreativitas dan sumber daya manusia harus ditingkatkan untuk meningkatkan pengabdian pembangunan di Kabupaten Garut,” katanya.

Bupati Garut juga berharap setiap kepala desa dapat mengoptimalkan realisasi penerimaan Pajak. Sehingga dengan demikian dapat diterima oleh wajib pajak serta terus memberikan pembinaan kepada warga masyarakat tentang pentingnya membayar pajak PBB-P2.

“Saya mengimbau kepala desa dapat memantau penyampaian SPPT PBB-P2 tersebut. Hal itu dikarenakan pemerintah Kabupaten Garut masuk delapan Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang lambat membayar pajak padahal Pemkab Garut telah menganggarkan dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah kepada desa,” pungkas Rudy Gunawan.

Hadir dalam acara pelantikan, Bupati dan Wakil Bupati Garut, Sekda Garut, Ketua DPRD, Kapolres Garut, Dandim 0611 Garut, Danrem 062 Garut, Dan Den Pom II/2 Garut, Para Kepala SKPD, Para Camat, Instansi vertikal, BPD dan Panitia Pilkades serta undangan lainnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *