PT KAI Daop 2 Bandung, Hadirkan Rail Clinic Di Stasiun Wanaraja Garut

FOKUS1,433 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Gelar pengobatan gratis oleh PT KAI Daop 2 Bandung dilakukan di Stasiun Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Selasa (26/11). Yang mana titik ini salahsatu jalur yang dilalui kereta api Cibatu – Garut

Hal ini dilakukan sebagai wujud Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir Untuk Negeri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung menggelar Bakti Sosial Rail Clinic (RC) Generasi ke-4 di Stasiun Wanaraja Kabupaten Garut, Selasa (26/11).

Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Fredi Firmansyah, mengungkapkan, kereta ini mutifungsi, selain menjadi ruang tindakan medis dan ruang bersalin, ada juga Rail Library (ruang baca).

“Ada empat kereta yang mempunyai fungsi yang berbeda yakni kereta 1 untuk farmasi dan bersalin, kereta 2 untuk monitoring EKG dan Poli Gigi, kereta 3 untuk ruang belajar dan ruang rapat serta kereta 4 adalah perpustakaan yang di dalamnya terdapat buku-buku,” ujar Fredi.

Fredi mengatakan, dalam kegiatan Rail Clinic di Stasiun Wanarja yang merupakan stasiun di jalur reaktivasi Cibatu – Garut, PT KAI Daop 2 memberikan pelayanan Poli Umum, Poli Gigi, Poli Kandungan, pemeriksaan mata, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak (KIA), pelayanan KB, pemberian kaca mata dan penyuluhan kesehatan gigi kepada anak SD.

“Ada 25 kacamata yang akan diberikan kepada siswa SD Wanaraja 1 dan penyuluhan kesehatan gigi kepada 50 siswa dari SD yang sama. Selain itu, kami pun memberikan penyuluhan keamanan dan keselamatan perkeretaapian kepada mereka. Sedangkan pelayanan kesehatan gratis diberikan kepada 300 warga Desa Wanasariā€¯ beber Fredi.

Fredi berharap, kegiatan ini akan mampu memberikan sumbangsih peningkatan taraf kesehatan masyarakat di daerah-daerah. Karena menurutnya, konsep RC ini memang untuk memberikan kemudahan pertolongan dan juga pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat di daerah sekitar jalur kereta api, pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *