Waspada Siaga Bencana, BPBD Garut Hadirkan Inovasi Sipetir

MIMBAR EDUKASI1,307 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Gelar Expo Inovasi tahun 2019, di halaman Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Senin (25/11). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut hadirkan Alur Sipetir (Sistem Pendeteksi Banjir) Kabupaten Garut, Early Warning System (EWS) Cimanuk.

Kasi Pencegahan BPBD Kabupaten Garut, Daris Hilman SE MM, saat ditemui dilokasi, menuturkan, Sipetir adalah suatu sistem peringatan dini, yang mendeteksi apabila ketinggian muka air di Sungai Cimanuk dikhawatirkan terjadi banjir.

“Sipetir ini dipasang di hulu Sungai Cimanuk Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu sebagai patokan yang terjadi banjir di Kecamatan Garut Kota dan sekitarnya,” ujar Daris.

Lanjut Daris, tujuan dari Sipetir ini, pertama BPBD Kabupaten Garut dapat memantau ketinggian muka air sungai Cimanuk. Kedua, menginformasikan kepada masyarakat di hilir yang terdampak banjir. Ketiga, meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap bencana banjir. Dan keempat, diharapkan masyarakat mampu melakukan evakuasi mandiri saat bencana terjadi. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *