Tahun 2020 Disdik Garut Anggarkan Pengadaan Sarana UNBK di Sekolah

HARIANGARUTNEWS.COM – Adanya beberapa sekolah yang mempunyai kendala sarana untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut Totong S Pd M Pd, sebut akan ada pengadaan di tahun 2020 untuk pelaksanaan UNBK.

“Kami Running nanti, kan bulan April, kita ada pengadaan di 2020 untuk UNBK, kita akan bantu nanti,” ujar Totong, usai upacara Hari Guru dan HUT PGRI dilapangan Alun-alun Garut, Senin (25/11).

Kadisdik Totong juga mengatakan, tahun 2020 itu dipercepat lebih awal di e-katalog. Pembeliannya melalui e-katalog, kita distribusikan termasuk mandiri, bergabung dan bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Disinggung adanya pungutan ke orang tua siswa untuk pelaksanaan UNBK, Totong menjelaskan, bentuknya tidak ada pungutan, tetapi bantuan atau sumbangan diperbolehkan dan direkomendasi.

“Bentuknya bantuan atau sumbangan kami rekomendasikan, karena keberhasilan UNBK dibeberapa daerah juga salah satunya adalah partisipasi masyarakat, tapi kuncinya tidak ada pungutan, yang kami rekomendasikan adalah bantuan dan sumbangan, atau peminjaman alat-alat itu silahkan” Tandas Totong.

Dikatakan Totong, untuk besaran nilainya disesuaikan kemampuan orang tua siswa. Kesimpulannya dipersilahkan kalau bentuknya bantuan, sumbangan, atau peminjaman alat-alat.

“Kami merekomendasikan bantuan dan sumbangan, kalau memang ada siswa yang orang tuanya tidak mampu silahkan lapor ke komite dan itu bisa dilakukan subsidi silang saja. Kesimpulannya, laporkan kepada kami kalau di sekolah bentuknya pungutan,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *